Mitigasi, Bupati Gresik Wujudkan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mitigasi, Bupati Gresik Wujudkan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Minggu, 20 November 2022 16:07 WIB

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat memberi arahan kepada personel BPBD. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fandi Akhmad Yani atau yang akrab disapa , meminta BPBD (badan penanggulangan bencana daerah) untuk terus melakukan mitigasi bencana. Pasalnya, BPBD memiliki peran penting dalam merespon kebencanaan yang terjadi di Kota Pudak.

Menurut dia, bencana merupakan hal yang tidak terelakkan dan potensi yang dihadapi sekarang berasal dari alam, serta tidak dapat diprediksi kapan serta di mana datangnya.  mengungkapkan hal tersebut saat membuka Peningkatan Kualitas dan Kompetensi SDM di Bidang Kebencanaan yang diadakan BPBD , Sabtu (19/11/2022).

"BPBD yang identik dengan jaket dan helm oranye merupakan pahlawan yang sesungguhnya dalam situasi darurat bencana. Keberhasilan saya dan bu wabup sebagai kepala daerah tidak lepas dari peran seluruh BPBD. Kami mengucapkan banyak terima kasih lantaran selalu hadir dalam setiap kondisi kedaruratan," tuturnya

Bupati mengatakan bahwa yang paling utama saat ini ialah bagaimana kehadiran pemerintah secara responsif dan melakukan tindakan-tindakan preventif. Kesiapsiagaan bencana berbasis kemasyarakatan bakal terwujud dengan adanya komunikasi dan sinergi yang baik, antara BPBD sebagai leader dengan berbagai satuan tugas yang terlibat dalam bidang kebencanaan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video