Ini Cara Gubernur Khofifah Muliakan Ulama, Antar Syaikh Al Azhar Pulang ke Mesir hingga Bus | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Cara Gubernur Khofifah Muliakan Ulama, Antar Syaikh Al Azhar Pulang ke Mesir hingga Bus

Editor: M Mas'ud Adnan
Jumat, 18 November 2022 09:32 WIB

Prof Dr Syaikh Fathi Abdurrahman Hijazi Al Azhari Naqsyabdandy saat berdoa di Ruang VVIP Hayam Wuruk Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Kamis (17/11/2022). Tampak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, Syaikh Barqawi, Menaker Ida Fauziah, dan yang lain mengamini. Foto: MMA/bangsaonline.com)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa ikut mengantar kepulangan para syaikh ke . Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU itu datang ke Ruang VVIP Hayam Wuruk Bandara Internasional Juanda sekitar pukul 17.00 WIB, Kamis (17/11/2022) sore.

Kebetulan pada Kamis sore itu syaikh yang pulang ke adalah Prof Dr Syaikh Fathi Abdurrahman Hijazi Al Azhari Naqsyabdandy. Syaikh Fathi dikenal luas sebagai mursyid tarikat dan ulama berpengaruh di . Syaikh Fathi adalah ahli bahasa dan sastra Arab.

Yang menarik, naluri sebagai tuan rumah (ruang VVIP) Gubernur langsung muncul saat memasuki ruangan VVIP Hayam Wuruk.

Dahar nopo Yai (makan apa Yai),” tanya Gubernur kepada Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, begitu memasuki ruangan VVIP. Ruangan itu memang milik Pemprov Jawa Timur.

Sampun Bu. Sampun dahar (Sudah Bu, sudah makan),” jawab , yang dikenal luas sebagai pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto.

Saat itu sedang duduk bersama Syaikh Fathi. Mengitari meja bundar yang penuh sajian minum dan kue.

Pantauan BANGSAONLINE.com di lokasi, tak lama kemudian Syaikh Fathi berdiri dan mendoakan perempuan yang dikenal sebagai pekerja keras itu. Orang-orang di ruangan VVIP itu pun ikut berdiri dan mengamini.

(Prof Dr Syaikh Fathi Abdurrahman Hijazi Al Azhari Naqsyabdandy (tengah), Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa, dan Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA. Foto: MMA/bangsaonline.com)

Gubernur tampak khusuk mengamini. Usai didoakan, yang mengenakan jilbab kuning podang itu memperkenalkan seorang pejabat dari Jakarta yang kebetulan bertugas ke Jawa Timur.

Setelah itu minta Syaikh Fathi mendoakan para kepala OPD Pemprov Jatim. Para kapala dinas itu pun dipanggil masuk ke ruangan Hayam Wuruk. Di antara mereka tampak Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur, Dr H. Hudiono.

Tak lama berselang datang Menaker Ida Fauziah. Ia juga minta didoakan. Syaikh Fathi pun kembali mendoakan.

Yang menarik, tampak berusaha memulyakan tamunya dengan cara melayani ulama sufi tersebut. Beberapa kali mendatangi tempat makanan sekaligus mengangkatnya untuk disajikan kepada Syaikh Fathi dan .

“Ini kok gak ditaruh di tengah. Ayo itu (wadah-wadah bekas makanan dan minuman-Red) diambil,” perintah Gubernur kepada para petugas sembari mengangkat nampan (baki) berisi aneka buah. Ia kemudian menaruh nampan itu di tengah meja bundar yang dikelilingi Syaikh Fathi dan serta yang lain.

(Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa dan Syaikh Barqawi saat mau naik bus. Foto" MMA/bangsaonline.com)

Catatan BANGSAONLINE.com, tak hanya satu kali mendatangi tempat makan. Ia juga tampak mengangkat nampan berisi kue. Sehingga beberapa pembantunya kelabakan dan tergopoh-gopoh untuk menggantikan perannya.

Gubernur sempat mengungkapkan rencana kunjungannya ke pada 21 Nopember 2022. Ia mengatakan akan menandatangani Letter of Intens (LT0) Sister Province dengan Alexandria untuk perluasan kerjasama dagang dan pendidikan.

Yang juga menarik, Gubernur mengantar Syaikh Fathi dan rombongan hingga ke bus. Ia baru meninggalkan tempat, setelah Syaikh Fahti dan rombongan masuk ke bus yang kemudian membawanya menuju pesawat di Bandara Internasional Juanda.

juga mengaku bersyukur telah tuntas melayani dan memulyakan para tamu istimewa itu. Memang, kepulangan Syaikh Fathi ini merupakan tahap akhir dari kepulangan para syaikh yang diundang untuk menghadiri resepsi pernikahan salah seorang putranya, yaitu Gus Ami dan Riri.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video