PDRB Jawa Timur Triwulan ke-3 Tumbuh Signifikan, Lapangan Kerja Terbuka dan Pengangguran Turun | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

PDRB Jawa Timur Triwulan ke-3 Tumbuh Signifikan, Lapangan Kerja Terbuka dan Pengangguran Turun

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Kamis, 17 November 2022 21:55 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Pusat Statistik () menerbitkan data pertumbuhan ekonomi triwulan ke-3 tahun ini. Provinsi mencatatkan pertumbuhan PDRB triwulanan sebesar 2,15 persen (q to q) dan lebih tinggi dari nasional sebesar 1,81 persen (q to q). 

Sehingga secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi di pada Januari-September 2022 tercatat sebesar 5,53 persen (c to c) yang juga lebih tinggi daripada capaian nasional 5,4 persen (c to c).

Lapangan usaha yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi di Pulau Jawa adalah konstruksi yang tumbuh 6,20 persen (q to q), dan real estate tumbuh 5,30 persen (q to q) diiringi dengan lapangan usaha lain yang tumbuh.

Salah satu catatan yang menarik adalah PDRB tanpa Migas tumbuh sebesar 6,13 persen tercatat tertinggi di antara provinsi se-pulau Jawa. Di tengah melesatnya sektor ekonomi non-migas, beberapa gangguan produksi yang terjadi di salah satu operator migas utama berkontribusi kepada kontraksi sektor migas. 

Hal tersebut menyebabkan secara agregat, pertumbuhan year on year PDRB include migas di Jatim TW3 berada di angka 5,58 persen. Kendati demikian, pertumbuhan sektor industri pengolahan di ialah terbesar kedua (5,60 persen) setelah Jawa Barat (6,90 persen).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video