AJI Kediri Gelar Pelatihan Cek Fakta untuk Radio | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

AJI Kediri Gelar Pelatihan Cek Fakta untuk Radio

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 11 November 2022 18:47 WIB

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - AJI menggelar training cek fakta untuk radio mulai hari ini, Jumat (12/11/2022) hingga besok, Sabtu (13/11/2022). Kegiatan ini diikuti 15 peserta yang terdiri dari jurnalis radio di , Tulungagung, Blitar, dan Nganjuk.

Agenda tersebut berkolaborasi dengan dengan cekfakta.com, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (), serta didukung oleh . Selain kampanye perang terhadap hoax, pelatihan itu juga untuk mendorong jurnalis radio agar mampu memproduksi konten cek fakta berbasis audio.

"Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang super cepat. Sehingga, masyarakat mampu mengakses berbagai informasi dalam waktu yang singkat," kata Ketua AJI , Danu Sukendro.

Menurut dia, kemudahan dalam mengakses internet membawa kekhawatiran soal akses mis-disinformasi kepada masyarakat. Ia mengatakan bahwa semakin cepat informasi diperoleh, semakin cepat pula informasi palsu atau salah menyebar luas.

Edukasi mengenai cek fakta massif dilakukan, dan bertujuan agar masyarakat dapat terhindar dari informasi palsu. Sebab, kata Danu, selain mis-disinformasi berupa konten visual, ada pula yang berbasis konten audio.

Ia menjelaskan, beberapa informasi palsu mungkin saja bisa disebarkan melalui audio, karena kemiripan dengan suara tokoh tertentu atau sengaja dibuat mirip. Untuk menghindari konten audio yang menyesatkan, maka AJI menggelar training ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video