Seluruh Penyebrangan Perahu Tambang di Bojonegoro Belum Layak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Seluruh Penyebrangan Perahu Tambang di Bojonegoro Belum Layak

Minggu, 10 Mei 2015 17:26 WIB

TRADISIONAL. Perahu tambang tradisional saat mengangkut penumpang di Sungai Bengawan Solo. Jasa itu saat ini tidak layak dan belum sesuai standar. Foto: Eky Nurhadi/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro, Jawa Timur mengatakan jika seluruh tempat penyebrangan tradisional atau penyebrangan menggunakan perahu kayu di Sungai Bengawan Solo, Bojonegoro tidak layak. Di Kota Ledre terdapat 86 penyebrangan yang tersebar di beberapa kecamatan yang dilalui sungai terpanjang di pulau jawa itu.

"Semuanya belum layak dan masih tradisional. Selain itu juga kurangnya pengawasan dan masih liar, sehingga kedepan akan kita lakukan pembenahan kerjasama dengan Dishub Provinsi Jawa Timur," ujar Kepala Dishub Bojonegoro Iskandar, Minggu (10/5/2015).

Dia juga menghimbau agar driver (operator) perahu selalu memperhatikan keselamatan dan kemaanan penumpang. Diantaranya melengkapi penerangan lampu navigasi di perahu, menyediakan pelampung, memberikan tempat duduk, memasang atap dan menyediakan kotak pengobatan di perahu.

"Standarnya itu semua (perlengkapan perahu,red) sudah ada, tetapi kenyataannya belum lengkap. Kebanyakan operator baru menyediakan pelampung dan atap penumpang," ujarnya.

Selain itu, driver perahu juga dilarang memuat penumpang sampai melebihi memuatan, agar kejadian tenggelamnya perahu tidak terjadi. Selama ini, lanjut dia, operator perahu selalu memuat penumpang melebihi kapasitas. Hal itu terjadi karena banyaknya pengguna jasa penyebrangan itu, baik warga yang ingin ke Bojonegoro maupun ke Kota Tuban. 

"Kita akan melakukan sosialisasi kepada seluruh driver yang beroperasi di Bojonegoro terkait banyaknya antrian pengguna jasa penyebrangan ini, selain itu kita minta untuk tidak memuat penumpang dengan jumlah banyak," sambungnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pemkab bojonegoro

Berita Terkait

Bangsaonline Video