8 Model Plafon Gypsum untuk Interior Rumah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

8 Model Plafon Gypsum untuk Interior Rumah

Editor: Redaksi
Minggu, 30 Oktober 2022 22:19 WIB

Foto: unsplash.com

BANGSAONLINE.com - Plafon menempati urutan penting dalam pekerjaan interior rumah. Dengan fungsi utama sebagai perlindungan terhadap cuaca, panas atau dingin, plafon hadir untuk menambah nilai estetika ruangan. Dengan alasan ini  plafon gypsum digunakan, karena dapat dibentuk ke bermacam model desain dan memberi kesan khusus pada ruang tertentu sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Pada penggunaannya, plafon gypsum mampu mengubah tampilan ruangan menjadi sangat berbeda. Anda dan desainer bisa bereksplorasi dengan bebas untuk mendapatkan rancangan plafon yang sesuai dengan keinginan. Anda juga bisa menggunakan model yang berbeda untuk setiap ruangan. Batasan rancangan hanyalah luas bidang yang akan dipasang plafon, tinggi ruangan, dan tema interior yang telah ditentukan sebelum membuat desain plafon.

Inspirasi Model Plafon Gypsum

Harga yang murah, mudah didapat, pengerjaan yang cepat, bisa dibentuk ke dalam beragam model membuat gypsum menjadi material favorit untuk digunakan. Tenaga ahli interior pun seolah berlomba memberikan  jasa pasang plafon gypsum terbaik dengan harga terjangkau dengan hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk mendapatkan tampilan yang berkesan dan pengalaman yang berbeda di setiap ruangan, Anda dapat mengaplikasikan model plafon gypsum yang berbeda pula. Simak model plafon yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi di rumah, berikut ini:

1. Tray ceiling

Model ini yang menyerupai atau terinspirasi dari baki. Bagian tengah plafon dibuat lebih menjorok ke dalam, sedangkan bagian pinggir dibuat "jatuh", berada pada posisi yang lebih rendah. Bentuk batasan antara bagian dalam dengan bagian pinggir ini bisa persegi panjang, lingkaran, atau oval. Anda dapat menyesuaikan keinginan dengan ukuran luas ruangan. Tempatkan pencahayaan pada rongga antara bagian dalam dan pinggir plafon yang posisinya lebih rendah. Penggunaan di ruang tamu dapat dipercantik dengan bantuan lampu hias gantung atau kipas baling-baling.

2. Drop minimalist ceiling

Kebalikan dari model tray ceiling, drop minimalist justru "menjatuhkan" bagian tengah. Model plafon gypsum seperti ini cocok digunakan pada kamar tidur utama. Berikan nuansa nyaman dengan pencahayaan pada rongga antara sisi pinggir plafon yang menjorok ke dalam dengan bagian tengah yang lebih rendah. Kesan hangat juga didukung oleh penggunaan lampu downlight di sudut plafon.

Untuk menguatkan kesan minimalis, sebaiknya hindari penggunaan lis profil plafon. Anda bisa memakai shadow line sebagai gantinya dan untuk memberi kesan rapi pada sudut pertemuan plafon dengan dinding.

3. Square tiles ceiling

Pada rancangan langit-langit, dibuat bentuk kotak-kotak dengan ukuran yang sama. Garis batas setiap kotak dapat dibuat tegas dengan bantuan lis profil atau dibuat sederhana dan samar. Model ini cocok digunakan pada ruang tamu dan ruang keluarga. Aksen kuat didapat dari pemilihan model lis profil yang dipilih. Pencahayaan yang sesuai adalah dengan menggunakan lampu gantung.

4. Perfect circle ceiling

Pada ruang tamu atau ruang keluarga yang luas dan mewah, saran terbaik adalah dengan menggunakan model plafon berbentuk lingkaran sempurna. Bagian tengah dibuat melingkar dengan posisi menjorok ke dalam. Gunakan lis profil dengan ketebalan dan motif klasik yang tegas pada pinggir lingkaran dan sudut pertemuan plafon gypsum dengan dinding. Tampilan ruangan akan semakin mewah dengan bantuan lampu gantung yang diposisikan tepat di tengah ruangan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video