Warga dan Aktivis Lingkungan di Pasuruan Bersihkan Sampah di Saluran Irigasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga dan Aktivis Lingkungan di Pasuruan Bersihkan Sampah di Saluran Irigasi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Minggu, 30 Oktober 2022 20:28 WIB

Warga Dusun Sumberpandan bersama aktivis lingkungan saat melakukan bersih-bersih sampah di saluran irigasi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Warga Dusun Sumberpandan bersama dengan para pegiat lingkungan melakukan kerja bakti bersih-bersih saluran irigasi, Minggu (30/10) pagi tadi. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian mereka menjaga kebersihan lingkungan serta upaya mencegah terjadinya banjir jelang musim penghujan.

Aksi sosial bertema 'gerebek sampah' itu diikuti ratusan peserta. Mereka menyisir saluran irigasi sepanjag lebih kurang 1 km. Tak kurang dari 4 jam, mereka berhasil mengangkut 18 kubik sampah. Mulai dari sampah plastik, ranting, serta sadimen. Sampah tersebut kemudian diangkut menggunakan kendaraan dan dibuang di tempat pembuang milik desa.

"Dampak puluhan kubik sampah dan ranting menyebabkan aliran irigasi tidak normal dan bisa menyebabkan air bah menggenangi rumah penduduk saat musim hujan," jelas Fatoni, Ketua FKPL (forum komunikasi peduli lingkungan) yang ikut dalam aksi tersebut.

Ia menduga, sampah-sampah tersebut merupakan kiriman dari hilir. Selain itu, juga karena sebagian masyarakat masih membuang sampah sembarangan, seperti di saluran irigasi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video