Pegang Peran Sentral dalam Kemerdekaan Indonesia, KH Bisri Syansuri Didorong Jadi Pahlawan Nasional | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pegang Peran Sentral dalam Kemerdekaan Indonesia, KH Bisri Syansuri Didorong Jadi Pahlawan Nasional

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Aan Amrulloh
Jumat, 28 Oktober 2022 17:46 WIB

Suasana FGD menyongsong gelar kepahlawanan KH. Bisri Syansuri.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Salah satu ulama dan pendiri Nahdlatul Ulama yang ahli dalam bidang ilmu fikih, KH. Bisri Syansuri, didorong oleh beberapa pihak untuk diusulkan kepada Presiden Joko Widodo sebagai Pahlawan Nasional. 

Pengasuh Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar itu dikenal memiliki peran yang sentral pada sebelum dan sesudah kemerdekaan tanah air. Kali ini, desakan itu kembali muncul dari Forum Muhibbin Mbah Bisri Syansuri (FMMBS).

Mereka yang mengatasnamakan forum tersebut berasal dari berbagai golongan, mulai orang biasa, santri, hingga kiai. Dari sekumpulan orang itu, dibuatlah kajian tentang KH. Bisri Syansuri yang dikemas dalam Focus Group Disussion (FGD), pada Kamis (27/10/22).

Kegiatan ini menghadirkan pemateri yang erat berhubungan dengan beliau, yaitu santri dan saksi hidup KH. Bisri Syansuri, Anas Salamun; Prof. Kacung Marijan dari akademisi, dan Moch. Faisol pemerhati sejarah dan penulis buku 'Sanad Foto Tiga Kiai Pendiri NU dari '.

Koodinator FMMBS, Ahmad Zainuddin, mengatakan bahwa sudah selayaknya KH. Bisri Syansuri mendapatkan gelar pahlawan nasional. Menurut dia, jejak perjuangannya dalam kemerdekaan Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video