Hari Kanker Payudara Sedunia: Deteksi Gejala Kanker Payudara | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hari Kanker Payudara Sedunia: Deteksi Gejala Kanker Payudara

Editor: Annisa'a Ambarnis
Rabu, 26 Oktober 2022 08:28 WIB

Hari Kanker Payudara Sedunia. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - 26 Oktober diperingati sebagai hari kanker payudara sedunia. Kanker payudara rentan terjadi dan sangat berbahaya bagi wanita. Kanker payudara terjadi akibat sel-sel payudara bermutasi dan berubah menjadi sel abnormal dan tidak terkendali. 

Terjadinya perubahan sel-sel payudara disebabkan oleh beberapa faktor pemicu, seperti paparan sinar radiasi, gaya hidup tidak sehat, kelebihan berat badan, masalah yang berhubungan dengan hormon, telat menopause, menstruasi pertama berusia di bawah 12 tahun, hingga faktor genetik menjadi pemicu kanker payudara ini.

dr. Iskandar Sp.B (OK) ahli bedah onkologi di RS Kanker Dharmais mengatakan ciri-ciri kanker payudara paling umum terlihat dari adanya teraba benjolan di payudara, cekungan atau luka di payudara, perubahan warna kulit menjadi kemerahan, keluar cairan dari puting, puting tetrarik ke dalam. 

Dikutip dari Halodoc, berikut :

1. Benjolan di Payudara

Dikarenakan jaringan payudara menyebar hingga ke bawah lengan, benjolan pada payudara tidak hanya dapat muncul di area payudara, melainkan juga dapat berada di dada atas atau ketiak.

Ciri-ciri benjolan kanker payudara:

-Tekstur cenderung lunak ke arah keras

-Permukaan benjolan terasa tidak merata

-Benjolan merekat dan tidak bergeser di dalam payudara

-Benjolan biasanya hanya berjumlah satu

-Benjolan tidak terasa sakit atau nyeri ketika ditekan

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video