Komitmen Kembangkan EBT, Pemprov Jatim Borong Dua Penghargaan Terbaik Anugerah DEN 2022 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Komitmen Kembangkan EBT, Pemprov Jatim Borong Dua Penghargaan Terbaik Anugerah DEN 2022

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 24 Oktober 2022 11:43 WIB

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prestasi kembali diukir Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa. Kali ini, dalam (DEN) Tahun 2022, gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu menerima dua penghargaan sekaligus.

Yaitu, Juara I Kategori Daerah Terbaik Implementasi Perda Rencana Umum Energi Daerah (RUED): ‘Implementasi Kebijakan dan Regulasi Turunan Perda RUED’. Di kategori ini, Jatim berhasil mengungguli Provinsi Aceh di peringkat kedua dan Provinsi Sulawesi Tenggara di peringkat ketiga.

Sedangkan penghargaan kedua adalah Juara I Kategori Daerah Terbaik Implementasi Perda RUED: ‘Daerah yang Melaksanakan Transisi Energi’. Dalam kategori ini, Jatim berhasil mengungguli Provinsi Bali di peringkat kedua dan Provinsi Sumatera Selatan di peringkat ketiga.

Gubernur menerima langsung dua penghargaan tersebut dalam acara Resepsi Tahun 2022 di Auditorium Binakarna Hotel Bidakara Jakarta, beberapa waktu lalu.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari DEN melalui sejumlah aspek penilaian. Khususnya terkait keselarasan RUED berseiring dengan RUEN. Sehingga pemerintah daerah dapat mengimplementasikan perda RUED dalam pengelolaan energi di daerah masing-masing.

Gubernur menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bukti komitmen dalam mendukung berkembangnya energi ramah lingkungan (green energy) dan pemanfaatan energi baru terbarukan (). Hal ini sejalan dengan upaya mendukung Program G20 menuju Net Zero Emission 2060.

“Berbagai upaya mengembangkan dan berbagai dari energi fossil ke energi baru terbarukan. Inilah yang diimplementasikan melalui Perda RUED di Jatim termasuk peraturan-peraturan turunannya,” katanya.

mengatakan, terus melakukan percepatan kebijakan yang diimplementasikan melalui berbagai kegiatan. Salah satunya dengan kampanye pelaksanaan melalui sinergi dan kontribusi stakeholder energi di Jawa Timur, seperti Pertamina, PT. PGN, PT. PLN, SKK Migas Jabanusa, PJB, dan perguruan tinggi.

Upaya yang telah dilakukan salah satunya mendorong penggunaan kendaraan energi ramah lingkungan atau energi listrik.

Tahun ini, kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Jatim bertambah sebanyak 1.877 unit. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2021 yang tercatat sebanyak 1.690 unit dan tahun 2020 sebanyak 903 unit.

“Pertumbuhan jumlah KBLBB ini didorong atas berbagai intervensi pemerintah. Antara lain pemberian insentif pajak kendaraan bermotor berbasis baterai hingga 90 persen. Selain itu, di Jawa Timur juga telah tersedia fasilitas stasiun pengisian kendaraan listrik umum () di 19 titik lokasi di Jatim,” jelas .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video