Mahasiswa Teknik Arsitektur UK Petra Surabaya Pelajari Keunikan Taneyan Lanjhang di Pamekasan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mahasiswa Teknik Arsitektur UK Petra Surabaya Pelajari Keunikan Taneyan Lanjhang di Pamekasan

Editor: Siswanto
Wartawan: Dimas MS
Minggu, 23 Oktober 2022 04:33 WIB

Mahasiswa Teknik Arsitektur UK Petra Surabaya saat mempelajari keunikan Taneyan Lanjhang di Dusun Buddagan 1, Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan, Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Jurusan Teknik arsitektur S2 UK (Universitas Kristen) Petra Surabaya mengunjungi edu wisata kebudayaan  di Dusun Buddagan 1, , Kecamatan Larangan, , Sabtu (22/10/2022).

Dr. Agus Dwi Hariyanto ST, M Sc selaku dosen pembimbing mengatakan bahwa kedatangan para mahasiswa ke  selama dua hari itu untuk belajar tentang aspek lokal. Ia pun mengungkapkan alasan mahasiswa memilih budaya tersebut.

"Mengapa kita memilih ? Karena ada keunikan yang tidak ada di tempat lain. Sistem kekerabatan yang kemudian diwujudkan dalam penataan fisik rumah, ada namanya rumah induk yang pertama kemudian dia bertambah lagi di sebelahnya dan bertambah di sebelahnya, ternyata taniyan lanjhang adalah Kompleks tidak menjadi rumah-rumah yang berhenti bertumbuh," paparnya.

"Yang menarik karena ada perubahan-perubahan pertambahan ruang, karena kebutuhan bertambah, dia bertumbuh secara horizontal, bertambah. Ada yang ditinggikan, berarti ada perubahan secara vertikal juga, nah itu juga menarik, dan menjadi tanda bahwa kompleks ini tidak tidak berhenti, rumah ini tidak bisa dibilang tradisional karena dia tidak berhenti pada saat tradisi tertentu," tuturnya menambahkan.

Selama ini, kata Agus, para mahasiswa belajar secara online karena pandemi Covid-19. Hal itu tidak bisa mencapai tujuan yang disesuaikan karena pelajaran yang diambil ialah ruang dan para siswa harus mengalaminya secara langsung.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video