Hadapi Bencana Hidrometeorologi, FPRB Kabupaten Kediri Usulkan Apel Gelar Siaga Relawan ke Bupati | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hadapi Bencana Hidrometeorologi, FPRB Kabupaten Kediri Usulkan Apel Gelar Siaga Relawan ke Bupati

Editor: Siswanto
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 18 Oktober 2022 18:33 WIB

Ketua FPRB Kabupaten Kediri, Ari Purnomo Adi bersama Tim, saat cek aliran sungai di Kecamatan Kandangan beberapa waktu lalu. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE.com.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Kabupaten mengusulkan beberapa langkah kepada Bupati  untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang terjadi akhir-akhir ini.

Ketua FPRB Kabupaten , Ari Purnomo Adi mengatakan bencana adalah bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameter. Yaitu peningkatan curah hujan, penurunan curah hujan, suhu ekstrem, cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai angin kencang, serta kilat atau petir, dan lain sebagainya.

"Akhir-akhir ini, banyak kejadian bencana di beberapa wilayah Jawa Timur seperti banjir, pergerakan tanah (longsor) dan angin puting beliung yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan infrastruktur yang sangat besar serta mengancam kehidupan dan penghidupan masyarakat," katanya, Selasa (18/10/2022).

Sehubungan dengan hal tersebut, FPRB Kabupaten mengusulkan kepada Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, untuk mengambil langkah-langkah strategis yang terukur dan terkontrol. Tujuannya, meningkatkan daya dukung lingkungan dan kapasitas masyarakat sehingga mengurangi indeks kerentanan Kabupaten terhadap bencana.

Menurut Ari, usulan FPRB Kabupaten tersebut adalah koordinasi lintas sektor dan lintas wilayah untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Serta membuat rencana kontinjensi dalam menghadapi ancaman bencana .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video