Gubernur Khofifah Resmikan Masjid Nurul Hakam SMKN 1 Lamongan, Harap Bisa Perkuat Pembangunan Akhlak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Resmikan Masjid Nurul Hakam SMKN 1 Lamongan, Harap Bisa Perkuat Pembangunan Akhlak

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Selasa, 18 Oktober 2022 18:01 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat meresmikan Masjid Nurul Hakam di Kompleks SMKN 1 Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meresmikan di Kompleks SMKN 1 , Selasa (18/10/2022). Bertepatan dengan momen peringatan SAW, orang nomor satu di Jawa Timur ini juga mengajak para pelajar untuk menjadi pribadi yang cerdas dan berakhlakul karimah.

"Kebetulan ada peresmian masjid dan peringati Maulid Nabi, maka kita bangun penguatan karakter kita semua siswa maupun guru. Membangun akhlak ini penting sehingga fenomena terjadinya kekerasan maupun bullying ini tidak terjadi, juga sebagai bagian dari media introspeksi kita semua," ujarnya.

Menurutnya, membangun penguatan karakter harus dilakukan bersama-sama. Baik itu oleh guru, siswa, maupun semua lingkungan pergaulan. Termasuk adalah pimpinan formal di tingkat Provinsi hingga Kabupaten.

"Jadi dan akhlak mulia merupakan pondasi kualitas sumber daya manusia," tegas gubernur perempuan pertama di Jawa Timur tersebut..

"Apa anak-anak siap untuk tidak tawuran? Tidak melakukan bullying? Tidak melakukan kekerasan?" tanya Gubernur Khofifah yang dijawab 'siap' dan penuh antusias oleh semua siswa-siswi yang hadir.

"Pada bulan Robiul Awal sangat tepat menjadi refleksi diri, karena sejalan dengan akhlak dan perbuatan panutan, yakni Nabi besar SAW. Ini menjadi momentum yang sangat pas untuk melakukan muhasabah bagi kita semua, termasuk di dalamnya lembaga pendidikan," paparnya menambahkan.

Lanjut Khofifah, pembangunan karakter yang baik akan menjadi dasar dan ruh dari seluruh kompetensi. Maka, diperlukan ikhtiar bersama dari seluruh pihak, guru, siswa, orang tua, termasuk berbagai pimpinan lembaga pendidikan formal.

Dengan karakter yang kuat, makan prestasi akademik akan lebih mudah diraih oleh setiap pribadi maupun lembaga pendidikan di Jawa Timur.

"Jaga karaktermu, Nak. Di momen Maulid Nabi ini kita juga diingatkan untuk menjaga budi pekerti kita yang baik yang bisa menjadi ruh dari pola pikir, pola sikap dan pola gerakan kita semua," pesannya usai membaca sholawat Nabi SAW bersama seluruh undangan yang hadir.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video