Bersama IHI Corporation, PLN Nusantara Power Sukses Uji LCR Amonia di PLTU Gresik Unit 1 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bersama IHI Corporation, PLN Nusantara Power Sukses Uji LCR Amonia di PLTU Gresik Unit 1

Editor: Siswanto
Wartawan: Diyah Nisa
Rabu, 12 Oktober 2022 22:09 WIB

Suasana penandatanganan MoU yang dilakukan PLN Nusantara Power dengan IHI Corporation.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Nusantara Power (NP) terus berupaya menjalankan program dekarbonisasi melalui produksi energi bersih, di antaranya ialah uji co-firing amonia di PLTU Gresik Unit 1 (100 MW) bersama perusahaan dari Jepang, IHI Corporation, Rabu (12/10/2022).

Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian RI, Senda Hurmuzan Kanam, mengatakan bahwa semangat pemanfaatan energi terbarukan terus didorong oleh pemerintah.

"Salah satu caranya adalah memperbanyak pemakaian limbah biomassa dan amonia sebagai campuran bahan bakar (co-firing) pada pembangkit listrik di Indonesia. Metode ini diharapkan mampu mengakselerasi transisi energi di Indonesia," ujarnya.

"Pemanfaatan teknologi co-firing ini seharusnya menegaskan komitmen Indonesia untuk mempercepat target Net Zero Emission (NZE) pada 2060. Terima kasih kepada NP atas inisiasinya menggandeng IHI Corporation Jepang dalam upaya mewujudukan lingkungan yang lebih hijau dan bersih ini," tuturnya menambahkan.

Dengan mengenalkan amonia sebagai bahan bakar alternatif sebelum pada November 2022, NP diharapkan dapat mendukung Indonesia untuk menjadi salah satu perusahaan terdepan di Asia Tenggara dan juga dunia pada bidang energi berbasis lingkungan.

Pasca-PLTU Paiton yang dikenal sebagai pioneer co-firing biomassa dan operasi komersial pada 10 Juni 2020, NP terus berupaya untuk mengembangkan teknologi co-firing biomassa dan telah melakukan komersialisasi co-firing di 15 PLTU batubara. 

Kemudian, NP secara kontinu melakukan beragam upaya dan inovasi untuk meningkatkan penggunaan co-firing di berbagai PLTU yang dikelola.

Direktur Utama NP, Ruly Firmansyah, menyebut uji coba co-firing amonia ini merupakan fase lanjutan setelah pihaknya berhasil mengembangkan co-firing biomassa dalam kurun waktu 2 tahun terakhir di PLTU batubara.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   G20 PLN ESDM

Berita Terkait

Bangsaonline Video