Lestarikan Warisan Budaya, 435 Siswa di Gresik Ikuti Lomba Mewarnai Damar Kurung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lestarikan Warisan Budaya, 435 Siswa di Gresik Ikuti Lomba Mewarnai Damar Kurung

Editor: Rohman
Wartawan: Syuhud
Minggu, 02 Oktober 2022 18:34 WIB

Para siswa saat mengikuti lomba menggambar dan mewarnai Damar Kurung. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ratusan siswa di Kota Pudak mengikuti lomba menggambar dan mewarnai damar kurung (lampion kayu berbentuk segi empat) yang digelar di MI Ma'arif NU Manbaur Rohmah, Kecamatan Kebomas, Sabtu (1/10/2022). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan warisan budaya lokal.

"Senang sekali bisa ikut. Ini baru pertama kali menggambar dan mewarnai damar kurung," kata salah satu peserta, Khaira.

Sementara itu, Kepala MI Ma'arif NU Manbaur Rohmah, Hamidatusaaidah, mengatakan bahwa ada ratusan siswa dari sejumlah lembaga sekolah yang mengikuti kegiatan ini. Ia menyebut, acara mengambil tema damar kurung karena merupakan karya yang diakui Kemendikbud sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) sejak 5 tahun lalu.

"Jadi, ini upaya melestarikan tradisi, apalagi damar kurung adalah warisan budaya asal . Kalau bukan kita siapa lagi? Sebenarnya, lomba gambar damar kurung digelar setiap tahun, namun sempat vakum karena pandemi Covid-19 dan tahun ini kita mulai lagi, Kita tularkan semangat ini ke anak-anak dari TK maupun tingkat sekolah dasar. Ada 435 siswa yang ambil bagian," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video