Sambut Bandara Kediri, Dhito Dorong Diversifikasi Produk Unggul Pertanian | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sambut Bandara Kediri, Dhito Dorong Diversifikasi Produk Unggul Pertanian

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji
Minggu, 02 Oktober 2022 16:06 WIB

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat menjadi keynote speaker dalam webinar yang diadakan Departemen Teknik Insfrastruktur Sipil Fakultas Vokasi, ITS Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berupaya menggenjot diversifikasi produk pertanian yang selama ini menjadi unggulan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian di Bumi Panjalu, menyambut yang diperkirakan pembangunannya rampung tahun depan.

Ia berkeinginan, ke depan produk-produk pertanian unggulan bisa menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Kediri, di samping tahu takwa.

"Saya berharap orang nanti suatu saat pulang dari Kediri itu, yang pertama kita pastikan bawa tahu dan bawa nanas," kata bupati yang merupakan Putra Menseskab Pramono Anung itu saat menjadi keynote speaker dalam webinar yang diadakan Departemen Teknik Insfrastruktur Sipil Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

Melalui diversifikasi, -sapaan Bupati Kediri- juga berharap ada inovasi kuliner dari produk pertanian unggulan seperti dan mangga podang. Sehingga, buah-buah andalan itu tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, namun dalam beragam bentuk oleh-oleh.

Dalam kesempatan itu, politikus PDIP ini juga menyampaikan pembagian kawasan agropolitan berdasarkan potensi unggulan, yang sedang dikembangan.

Untuk kawasan Kecamatan Semen, Grogol, Banyakan, Tarokan, dan Mojo (Segobatam) difokuskan pada produk unggulan mangga podang, kop, ubi kayu, dan jeruk.

"Kopi, kita sedang melakukan penanaman di dan insyaAllah akan kita lakukan ekspor di tahun 2024. Adanya bandara tentu akan mempermudah proses ekspor ini," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video