Wisata Batu Solor Bondowoso, Stonehenge-nya Indonesia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Wisata Batu Solor Bondowoso, Stonehenge-nya Indonesia

Selasa, 05 Mei 2015 17:14 WIB

Wisata Batu Solor Bondowoso. (foto: bondowosocity.wordpress.com)

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bondowoso, merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang banyak menyimpan sebuah potensi wisata yang cukup luar biasa. Kawah Ijen adalah salah satunya. Selain Kawah Ijen, terdapat juga Batu Solor yang berupa tatanan batu besar yang tersusun rapi. Batu tersebut masih berdiri tegak di tengah perbukitan yang masih terjaga secara alamiah, di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso. Batu solor ini boleh dibilang cukup unik, hampir sama dengan sebuah situs warisan dunia yakni Stonehenge di Wiltshire, Inggris.

Tak mudah untuk menuju lokasi batu solor, diperlukan upaya cukup keras. Sebab, akses jalan menuju ke wisata alam batu solor rusak parah. Selain melewati pemukiman warga, kita juga akan melewati perbukitan, serta persawahan. Namun tak perlu khawatir, meski akses ke lokasi terbilang cukup susah, terutama saat musim penghujan, semuanya akan terlunasi ketika tiba di lokasi batu solor.

Jarak tempuh dari kawasan kota Bondowoso cukup jauh, diperlukan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk kendaraan. Selain itu tak semua kendaraan bisa melewati jalan menuju lokasi. Kendaraan harus dalam kondisi prima dan memiliki high cleareance tinggi, sebab jalannya cukup terjal dan penuh bebatuan.

Menurut Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bondowoso Achmad Muhyiddin, belum ada penelitian kapan batu solor tersebut berdiri, namun diperkirakan batu tersebut merupakan situs pra sejarah yang umurnya mencapai ribuan tahun lamanya.

“Tidak ada sejarah tentang berdirinya batu solor tersebut, tetapi menurut cerita masyarakat sekitar, batu ini merupakan tempat raja blambangan pertama,” ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Wisata

Berita Terkait

Bangsaonline Video