Antisipasi Penyelundupan Narkoba, SIG Gelar Simulasi di Pelsus Tuban | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Antisipasi Penyelundupan Narkoba, SIG Gelar Simulasi di Pelsus Tuban

Editor: Rohman
Wartawan: Gunawan Wihandono
Sabtu, 10 September 2022 21:07 WIB

Suasana simulasi International Ship and Port Security Code yang digelar SIG di Pelsus Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk () menggelar simulasi International Ship and Port Security (ISPS) Code di Pelabuhan Khusus (Pelsus) . Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mencegah penyelundupan narkoba di pelabuhan yang ada di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, .

“ISPS Code adalah aturan komprehensif yang mengatur prosedur keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan dan menjadi bagian dari Konvensi Internasional untuk keselamatan jiwa di laut (Safety of Life at Sea),” kata Senior Manager of Security , Kolonel Inf Asep Sudrajat, Sabtu (10/9/2022).

Ia mengatakan bahwa pelaksanaan simulasi tahun ini merupakan integrasi 2 Terminal Khusus, yaitu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk & PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Tbk bertajuk 'Pemeriksaan, Penanganan & Penangkapan Crew Kapal yang Diduga Membawa Barang Terlarang/Narkoba'.

Pelaksanaannya melibatkan personel dari Satresnarkoba Polres , Polsek Jenu, Polsek Tambak Boyo, Koramil Jenu, Koramil Tambak Boyo, KKP serta melibatkan Marinir, Polairud, Pamobvit, KUPP Kelas III Brondong, dan petugas keamanan Pelabuhan.

“Untuk kejadian tertentu tidak bisa kita tangani sendiri. Seperti terhadap kejahatan narkoba kita harus melibatkan pihak luar dari kepolisian dan Polairud,” ucap Asep.

Sementara itu, Manager of Port Operation , Sukamto, menyebut simulasi dalam rangka mendukung dan mensukseskan pelaksanaan keamanan dan ketertiban di pelabuhan sesuai dengan ketentuan ISPS Code dan implementasi PM 134 Tahun 2016 tentang Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan pasal 42.

“Ini juga sebagai salah satu syarat untuk Pelabuhan yang melaksanakan kegiatan exsport mapun import,” tuturnya.

Ia menilai, tujuan kegiatan ini untuk melatih profesionalitas dan meningkatkan komunikasi, koordinasi dengan stakeholder dan instansi terkait dengan dan SBI di . Serta berkomitmen turut andil dalam memerangi serta mencegah masuknya penyalahgunaan narkoba atau tindakan kejahatan lainnya di lingkungan kerja.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video