Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Grahadi, 1.250 Masyarakat Bangga Jadi Tamu Khusus Gubernur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Grahadi, 1.250 Masyarakat Bangga Jadi Tamu Khusus Gubernur

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Rabu, 17 Agustus 2022 16:04 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berswafoto dengan masyarakat yang menghadiri upacara peringatan detik-detik proklamasi di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (17/8).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kebanggaan dirasakan sebanyak 1.250 warga Jatim yang mengikuti langsung di , Surabaya, Rabu (17/8).

Sebanyak 1.250 warga tersebut tak lain adalah warga Jatim yang mendapatkan undangan khusus dari Khofifah Indar Parawansa untuk mengikuti upacara kenegaraan memperingati .

Hal itu seperti yang dituturkan oleh Anang (57), warga asal Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Baginya, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang ia dengarkan pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini menjadi sangat istimewa.

Sebab, ini adalah pertama kalinya ia mendapatkan undangan khusus dari Gubernur Khofifah untuk ikut melaksanakan upacara di Grahadi.

Bahkan, dirinya pun mengaku, kunjungan ke tersebut merupakan kali pertama dalam hidupnya. Untuk itu, ayah 2 anak ini dengan semangatnya berangkat dari Lamongan agar bisa ikut upacara pagi tadi.

"Sangat Alhamdulillah. Saya sangat bangga bisa berada di sini (di Gedung Grahadi). Saya hanya seorang supir," ujar pria tersebut sambil matanya berkaca-kaca.

Tak sendiri, Anang mengikuti upacara HUT Ke-77 RI tersebut bersama dengan anak dan juga istrinya. Jauh-jauh datang dari Babat Lamongan, ketiganya datang sejak sore kemarin.

Keluarga Anang bahkan rela mencari penginapan terdekat dari Surabaya agar tak sampai terlambat mengikuti upacara kenegaraan ini.

"Jujur saja, hendak memasuki Grahadi pun, saya merasa grogi. Bisa berkumpul dengan banyak pejabat-pejabat. Karena biasanya tidak pernah di lingkungan seperti ini. Kami hanya orang desa," ujarnya sambil terkekeh kecil.

Menurutnya, rasa bangga muncul karena bisa duduk di jajaran tamu undangan yang lain di Grahadi. Berjajar dengan para pejabat lainnya.

Makin takjub, dirinya mengaku merasa terhormat, karena disuguhkan berbagai antraksi jelang memasuki detik-detik proklamasi pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Gedung Grahadi Surabaya.

"Kami sebagai masyarakat Jawa Timur mengucapkan terima kasih kepada Ibu Gubernur, diberikan kesempatan yang istimewa dan diberikan pengalaman baru seperti saat ini. Dirgahayu Republik Indonesia," kata Ahmad sambil mengepalkan tangan.

Selain Ahmad, adapula Weni Anita (40) asal Kediri yang menjadi tamu khusus Khofifah pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Surabaya.

Bersama dengan ibunya, Weni yang menggunakan kebaya berwarna ungu tersebut mengaku merasa bangga dapat mengikuti upacara di Grahadi tahun ini.

"Biasanya saya hanya mengikuti upacara paling banter di kabupaten. Saya kali ini merasa terhormat. Kagum, baru pertama kali melihat acara semegah dan semeriah ini," kesannya.

Bertambahnya usia Republik Indonesia ke-77 tahun, diharapkan Weni juga sebagai pemacu agar Provinsi Jawa Timur semakin terdepan dari provinsi-provinsi lainnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video