Situs Ndalem Pojok Kediri Gelar Peringatan Hari Jadi NKRI pada 18 Agustus 2022 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Situs Ndalem Pojok Kediri Gelar Peringatan Hari Jadi NKRI pada 18 Agustus 2022

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 14 Agustus 2022 19:47 WIB

KEDIRI, BANGSAONLINE.com Persada Sukarno, , Kecamatan Wates, Kabupaten , akan menggelar tasyakuran HUT NKRI ke-77 pada 18 Agustus mendatang. Pasalnya, pihak mempunyai pandangan bahwa 17 Agustus itu adalah Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Ketua Harian Persada Soekarno, Kushartono, menyebut pelurusan frasa ini sangatlah penting karena menyangkut masalah besar marwah bangsa dan negara. Menurut dia, tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari Kemerdekaan Bangsa, bukan Kemerdekaan Republik. Sedangkan 18 Agustus 1945 adalah Hari Jadi NKRI.

“Sekilas memang hal ini terlihat sepele, tapi jika dicermati menggunakan rasa, periksa, dan karsa, hal ini sangatlah prinsip karena menyangkut soal Ketuhanan dan kemanusiaan. Yakni rasa syukur kepada Allah atas dua nikmat anugerah luar biasa berupa kemerdekaan Bangsa Indonesia dan berdirinya NKRI, juga penghormatan kepada para pahlawan, terutama pendiri bangsa dan negara,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (14/8/2022).

Sejalan dengan hal itu, ia meyakini jika dua nikmat itu disyukuri, maka ada hikmah besar terhadap bangsa dan negara. Bangsa Indonesia akan bangkit cepat menjadi bangsa besar yang hebat dan NKRI akan terus berkembang menjadi NKRI kuat, jaya, dan lestari.

“Namun, jika dua nikmat itu terus dikufuri, kami takut, kita terpuruk. Jangan sampai ada azab dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa dan negara ini. Dan apa yang kami sampaikan ini juga berdasarkan petunjuk-petunjuk para sesepuh lintas agama,” ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video