Launching Aplikasi Sinta Gelis, ​Wagub Jatim: Keterpaduan Lintas Sektor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Launching Aplikasi Sinta Gelis, ​Wagub Jatim: Keterpaduan Lintas Sektor

Editor: Rohman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 01 Agustus 2022 13:18 WIB

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, saat meluncurkan Aplikasi Sinta Gelis. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Terpadu Penanggulangan Kemiskinan atau disingkat Sinta Gelis di Ballroom Hotel Platinum Surabaya, Minggu (31/7/2022) malam.

"Atas arahan Ibu Gubernur Khofifah, kita terus diminta untuk berinovasi dalam membangun basis data yang kuat. Bukan sekedar basis data, Sinta Gelis ini adalah keterpaduan lintas sektor," ujarnya. 

Menurut dia, aplikasi tersebut dipercaya sebagai jawaban atas kendala yang selama ini dirasakan dalam sinkronisasi data penerima manfaat program penanggulangan kemiskinan dengan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Sinta Gelis memuat data by name by address berdasarkan DTKS maupun penerima sasaran program penanggulangan kemiskinan Provinsi Jawa Timur.

"Kita berharap, setiap dinas nantinya bisa terinventarisir programnya. Jangan sampai berbeda jalan, sehingga akibatnya tidak terkonsentrasikan kepada sasaran yang akan dituju. Jika nantinya ditemukan ada titik temu antardinas, jangan-jangan bisa digunakan untuk pengentasan kemiskinan,” paparnya.

Mantan Bupati Trenggalek ini turut menjabarkan temuannya perihal angka kemiskinan tinggi namun pengangguran terpantau rendah. Artinya, lanjut Emil, dari sekian banyak kemiskinan bukan karena tidak bekerja, tetapi bekerja di tempat yang tidak menghasilkan, dan hal itu patut menjadi pekerjaan rumah bersama karena bukan sekedar menyalurkan bantuan sosial.

Sebagai pelengkap dari Sinta Gelis, program Desa Binaan: Dharma Bhakti Nagari, yang rencananya akan dimulai di 7 kabupaten di Jawa Timur juga dilaunching. Program tersebut adalah intervensi ekstra yang berbentuk sistem dan didesain khusus untuk mendukung percepatan penurunan angka kemiskinan yang holistic, integratif, serta fokus pada sasaran desa tertentu.

Tahun ini Dharma Bhakti Nagari menyasar 14 desa di 7 Kabupaten sebagai pilot project, yaitu Kab. Bojonegoro, Kab. Kediri, Kab. Malang, Kab. Lamongan, Kab. Jember, Kab. Pamekasan dan Kab. Probolinggo.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   emil-dardak

Berita Terkait

Bangsaonline Video