Sarana Edukasi Generasi Masa Kini, Warga Margomulyo Bojonegoro Bikin Kampung Thengul | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sarana Edukasi Generasi Masa Kini, Warga Margomulyo Bojonegoro Bikin Kampung Thengul

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Eky Nurhadi
Sabtu, 23 Juli 2022 13:58 WIB

Para penari di Kampung Thengul saat beraksi.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sebuah desa di ujung selatan yang berbatasan dengan terdapat kampung unik bernama . Di desa ini terdapat kelompok masyarakat yang peduli tentang seni budaya terutama .

Sebab, adalah sebuah kesenian wayang yang asli berasal dari . Bahkan beberapa tahun lalu sudah diadakan Tari Thengul massal oleh Pemkab . Selain itu, juga menjadi ikon Kota Ledre pada pemerintahan Bupati Anna Mu'awanah.

Wintari, salah satu penggagas di , , Kabupaten menjelaskan bahwa hampir mirip dengan Wayang Golek. Namun, perbedaan yang jelas terlihat ialah dari cerita yang diangkat dan juga karakter tokoh yang ditampilkan.

"Jika pada Wayang Golek lebih banyak yang mengangkat cerita dari Wayang Purwa seperti Mahabarata dan juga Ramayana, justru banyak mengangkat cerita rakyat seperti halnya cerita Wayang Gedhog yaitu cerita Kerajaan Majapahit, cerita panji serta cerita para wali. Selain itu, juga ada yang menceritakan cerita dari Serat Damarwulan," jelas Tari, sapaan akrabnya Sabtu, (23/7/22).

menggunakan perangkat boneka kayu bulat dan tebal. Bagian bawah dan kaki dibalut dengan pakaian dan kain (sarung) di mana tangan sang dalang masuk ke dalamnya. Dalang menggerak-gerakkan boneka tersebut dengan ibu jari dan jari telunjuk, sedangkan tiga jari lain memegang tangkai wayang.

"Boneka sebelah atas biasanya telanjang, kecuali pada beberapa pelawak dan pahlawan, memakai baju sikepan. Berbeda dengan wayang kulit pada umumnya, layar (kelir) yang digunakan terdapat lubang kotak di tengahnya, sehingga penonton juga dapat menyaksikan dari arah belakang layar. Wayang ini berbentuk boneka tiga dimensi dan biasanya dimainkan dengan diiringi Gamelan Pelog atau Slendro," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video