Ini Program Prioritas Bupati Pamekasan untuk Pengembangan Ekonomi Masyarakat Desa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Program Prioritas Bupati Pamekasan untuk Pengembangan Ekonomi Masyarakat Desa

Editor: Rohman
Wartawan: Dimas MS
Senin, 13 Juni 2022 12:14 WIB

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, bersama wakilnya, RB Fattah Jasin. Foto: Ist

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com terus berupaya mempercepat program pemulihan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat pascapandemi Covid-19. Cara yang dilakukan adalah dengan program desa tematik.

“Desa tematik merupakan program yang ditetapkan dalam upaya memfokuskan pengembangan ekonomi masyarakat desa dalam satu bidang tertentu. Semisal di desa itu memiliki potensi ekonomi di bidang pariwisata, tema yang perlu dikembangkan adalah ekonomi pariwisata desa,” kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, Senin (13/6/2022).

"Jika potensi ekonomi dominan bidang pertanian, maka tema pengembangan ekonomi desa adalah pertanian. Program desa tematik juga sebagai salah satu upaya agar dukungan program pada desa lebih fokus pada bidang tertentu, sehingga hasilnya akan lebih baik dan lebih maksimal,” paparnya menambahkan.

Degan demikian, Tamam meminta para kepala desa agar bisa menetapkan tema pengembangan ekonomi desa sejak pertama kali memimpin, seperti Morihiko Hiramatsu saat menjabat sebagai Gubernur Oita, Jepang 1980. Program itu sebagai bentuk pengembangan dari program 'One Village One Product' yang pernah dikembangkan di sejumlah negara ASEAN, yakni Malaysia, Philipina, Indonesia, Kamboja, Vietnam, Thailand.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkab Pamekasan

Berita Terkait

Bangsaonline Video