Bupati Dhito Bakal Kembangkan Gen Ikan Cupang Asli Kabupaten Kediri, ini Cirinya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bupati Dhito Bakal Kembangkan Gen Ikan Cupang Asli Kabupaten Kediri, ini Cirinya

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 17 Juli 2022 00:06 WIB

Bupati Hanindhito Himawan Pramana saat mengamati ikan cupang. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri akan mengembangkan genetik asli Kabupaten Kediri. Genetik baru ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu produk unggulan dan kekhasan daerah yang mayoritas penduduknya petani itu.

Menurut , rencana pengembangan genetik cupang tersebut sebagai salah satu langkah penguatan identitas Kabupaten Kediri. Penguatan identitas daerah menurutnya tidak hanya dilakukan pada sektor budaya maupun pariwisata saja. Melainkan di sektor lain seperti perikanan.

“Identitas suatu daerah dikenal bukan hanya dari pariwisata saja, tapi juga dari sektor perikanan,” terang bupati yang kerap dipanggil Dhito ini, Sabtu (16/7/2022).

Bupati muda berusia 29 tahun itu menerangkan, dengan adanya satu produk khas dengan kualitas dan keunggulan yang mumpuni, akan mampu menggaet peminat ikan hias hingga wisatawan untuk datang ke daerahnya. Terlebih, semakin berkembang pesatnya teknologi, Bumi Panjalu sangat berpotensi untuk menjadi sentra penghasil cupang nasional.

“Sekarang ini sudah banyak teknologi untuk pengembangan. Jadi sangat besar kemungkinan kemajuan perikanan di Kabupaten Kediri menghasilkan satu atau lebih cupang berkualitas unggul,” kata bupati yang juga Putra Menseskab Pramono Anung itu.

Ia menambahkan, ketertarikan pegiat dan penikmat sudah tampak manakala dirinya berhasil membuat kontes cupang pada Juni 2021 lalu yang mendapatkan rekor Muri dengan jumlah peserta terbanyak.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video