Upayakan Eksis di Toko Modern, DPMPTSP Kota Kediri Gelar Kurasi Produk UMKM | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Upayakan Eksis di Toko Modern, DPMPTSP Kota Kediri Gelar Kurasi Produk UMKM

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 14 Juli 2022 21:56 WIB

Suasana kegiatan kurasi awal dalam rangka Fasilitasi Kemitraan antara UMKM di Kota Kediri dengan Toko Modern. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 80 pelaku di mengikuti kegiatan kurasi awal dalam rangka fasilitasi kemitraan antara dengan toko modern dalam (Produk Asli ), di Ruang Kilisuci , Kamis (14/7/2022).

Edi Darmasto, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) , mengatakan kedelapan puluh tersebut merupakan pilihan dari tiga dinas teknis. Yaitu dinas perdagangan dan perindustrian, dinas koperasi dan UMTK, serta dinas kesehatan.

Menurutnya, kurasi sangat penting untuk mengetahui kesesuaian proses produksi, bahan baku, product knowledge, kemasan, hingga harga produk. Selain itu, untuk mengetahui adanya potensi pengembangan produk serta memastikan keberadaan setiap produk memiliki standar mutu dan kelayakan untuk konsumen.

Melalui proses kurasi ini, DPMPTSP akan mengirimkan sampel produk beserta data penunjang kepada toko modern yang telah bermitra.

“Seharusnya mereka minta kelengkapan dilampirkan mulai dari: NIB, PIRT, sertifikat halal, tapi kami lakukan negosiasi untuk memudahkan pelaku . Nanti kalau sudah dinyatakan lolos, baru kami kirimkan kelengkapannya,” ungkap Edi.

Diketahui, pada tahun 2022, telah melakukan kerja sama dengan berbagai toko modern, antara lain: Alfamart, Alfa Midi, Indomaret, Hypermart.

“Untuk Hypermart dan Alfa Midi belum ada Pusaka, kemudian yang sudah menjalankan program Pusaka satu tahun namun perlu penambahan yaitu Alfamart dan Indomaret,” jelasnya.

Agar sukses menembus toko modern, Edi mengemukakan produk perlu mencantumkan informasi kemasan, seperti: PIRT, logo halal, gramasi, serta tanggal kedaluwarsa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video