Buka Jalur Ekonomi Masyarakat, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Jumadi Lakukan Impounding Waduk Semantok | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Buka Jalur Ekonomi Masyarakat, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Jumadi Lakukan Impounding Waduk Semantok

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Rabu, 13 Juli 2022 20:06 WIB

Plt Bupati Marhaen Jumadi saat akan memecahkan kendi, tanda untuk mengawali impounding Waduk Semantok. foto: BAMBANG DJ/BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Dimulainya pengisian air awal () Waduk Semantok mulai dilakukan dengan menghadirkan Plt Bupati Nganjuk Marhaen Jumadi, Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahyono, Kepala Balai Besar Wilayah Singai (BBWS) Brantas Haerudin, dan para tamu undangan.

Kang Marhaen - sapaan Plt Bupati Nganjuk mengatakan, dengan dimulainya pengisian air Waduk Semantok setidaknya akan membuka jalur ekonomi masyarakat.

"Keberadaan waduk ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat," kata Marhaen kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (13/07/2022).

Menurutnya, ada beberapa poin penting dalam progres pembangunan yang sudah mulai pengisian awal. Salah satunya yaitu potensi wisata yang diharapkan bisa dikembangkan.

Waduk Semantok yang masuk dalam daftar waduk terpanjang di Asia itu yang nantinya bisa di manfaatkan oleh masyarakat. Di antaranya, pertanian dan pariwisata termasuk ikon kedua setelah Air Terjun Sedudo.

Bendungan yang berlokasi di , , , itu didesain memiliki kapasitas tampung sebesar 32,67 juta m3 yang bersumber dari aliran .

Bendungan yang dilengkapi jaringan irigasi dapat berfungsi sebagai penyalur air pada saat musim kemarau guna mencegah terjadinya kekeringan pada areal persawahan seluas 1.900 hektare (ha). Dengan begitu, kehadiran bendungan akan meningkatkan hasil produksi pertanian di daerah tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video