Ada Aplikasi Siap Pak RT, Ketua RT Kini Bisa Lapor Data Kependudukan Lewat HP Setiap Saat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ada Aplikasi Siap Pak RT, Ketua RT Kini Bisa Lapor Data Kependudukan Lewat HP Setiap Saat

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Supardi
Rabu, 13 Juli 2022 18:55 WIB

Melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pemkot Pasuruan merancang aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Khusus untuk Rukun Tetangga (Siap Pak RT).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Inovasi melalui digitalisasi layanan terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan. Terbaru, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pemkot Pasuruan merancang aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Khusus untuk Rukun Tetangga (Siap Pak RT).

Aplikasi yang nantinya akan digunakan oleh para ketua RT di tersebut bernama Siap Pak RT.

Launching aplikasi berbasis android tersebut dilakukan oleh Wali Saifullah Yusuf di Pendopo Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo pada Rabu (13/7/2022) pagi.

Dalam sambutannya, wali kota yang karib disapa itu menjelaskan Aplikasi Siap Pak RT merupakan inovasi untuk optimalisasi pelaporan mobilitas dan beberapa urusan kependudukan hingga ke tingkat RT. Aplikasi itu juga bertujuan untuk mencapai tercapainya kevalidan data kependudukan bagi masyarakat .

Aplikasi Siap Pak RT akan memudahkan tugas para ketua RT dalam mendeteksi warganya. Hadirnya aplikasi itu juga sebagai peningkatan layanan dalam memfasilitasi masyarakat yang menginginkan layanan kependudukan dari RT setiap saat.

"Banyak masyarakat yang karena kesibukannya masing-masing akhirnya meminta pelayanan kepada ketua RT dan RW di malam hari karena siang harinya bekerja. Sebaliknya, ada suatu kelompok masyarakat yang karena waktu pekerjaannya, hanya punya waktu mengakses layanan pagi hari. Adanya aplikasi ini untuk menyesuaikan kondisi tersebut dengan memanfatkan teknologi," urai .

(Wali Drs H Saifullah Yusuf saat memberikan sambutan) 

Digitalisasi layanan bagi masyarakat menurut merupakan suatu keharusan yang mau tidak mau dilakukan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. Bahkan sudah terlebih dahulu diterapkan di negara lain.

Ia menilai, layanan yang baik adalah yang mengurangi interaksi langsung antarmanusia. Kecuali layanan tertentu yang tidak bisa digantikan oleh teknologi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video