Warga Kedanyang Gresik Akhirnya dapat Aliran Air Bersih dari Perumda Giri Tirta | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga Kedanyang Gresik Akhirnya dapat Aliran Air Bersih dari Perumda Giri Tirta

Editor: Rohman
Wartawan: Syuhud
Selasa, 05 Juli 2022 15:49 WIB

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat mengecek SR di salah satu rumah warga Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Penantian warga Kedanyang, Kecamatan Kebomas, Kabupaten , selama 30 tahun untuk bisa menikmati air bersih terbayar sudah. Mereka akhirnya bisa menikmati air dari Perumda Giri Tirta usai pembangunan jaringan perpipaan air bersih sepanjang 25,90 km rampung.

Sambungan rumah (SR) gratis juga sudah tuntas dikerjakan oleh rekanan. Adapun jaringan baru instalasi air bersih ke Desa Kedanyang itu dirayakan oleh masyarakat dengan menggelar syukuran yang dihadiri Bupati , Fandi Akhmad Yani, Senin (4/7/2022).

"Setelah nanti terpasang, selanjutnya akan diteruskan oleh PDAM untuk memberikan pelayanannya kepada masyarakat. Mudah-mudahan, dengan pemerintah daerah yang menunjuk Perumda Giri Tirta selaku BUMD penyedia air bersih tahun ini, air bisa mancur di Desa Kedanyang. Sehingga, apa yang diharapkan masyarakat Kedanyang bisa benar-benar terealisasi," ujarnya.

Setelah sambungan instalasi Perumda Giri Tirta di Desa Kedanyang terpasang, selanjutnya dimulai sosialisasi sebanyak 4.500 SR untuk air bersih secara gratis. Proyek pipanisasi jaringan air bersih ke Desa Kedanyang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). 

Untuk biaya pemasangan saluran rumah yang normalnya membutuhkan biaya sebesar Rp1.700.000,00. bisa digratiskan kepada total 3.500 KK warga Kedanyang. Sedangkan sisanya akan dialokasikan untuk wilayah yang lain.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video