Disperta Bojonegoro Minta Petani Gunakan Pupuk Organik untuk Suburkan Tanah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Disperta Bojonegoro Minta Petani Gunakan Pupuk Organik untuk Suburkan Tanah

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Eky Nurhadi
Rabu, 01 Juni 2022 22:12 WIB

Sejumlah petani saat panen. foto: dok. bangsaonline.com

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Para petani di sepanjang Bantaran mulai bulan Juni ini sudah persiapan musim tanam II tahun 2022. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan () setempat mengimbau para petani lebih cermat mengingat curah hujan yang masih terus turun.

Kepala Kabupaten  Helmy Elizabeth meminta para petani agar mengelola tanah dengan baik. Karena intensitas hujan yang masih tinggi dapat membuat tanah gembur dan membuat tanaman padi tidak dapat tumbuh normal.

"Para petani sekarang sudah mulai pintar. Misalnya ada yang memanfaatkan kotoran sapi atau kambing untuk dibuat pemupukan sebelum masa tanam. Juga bisa menggunakan pupuk organik yang sudah disubsidi oleh pemerintah. Itu juga penting untuk kesuburan tanah dan tanaman," ujar mantan kepala Dinas Sosial Kabupaten ini.

Selain pengelolaan tanah yang baik, dia juga meminta petani menggunakan benih yang bagus agar hasil panennya bagus. Selain itu, dia juga mengimbau kepada para petani apabila terjadi hama tikus, wereng atau hama lainnya, agar segera melapor kepada PPL di kecamatan masing-masing.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video