Usai Bertemu Perajin Keris di Sumenep, Sandiaga Ingin Bumikan Keris pada Milenial | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Usai Bertemu Perajin Keris di Sumenep, Sandiaga Ingin Bumikan Keris pada Milenial

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Sahlan
Kamis, 26 Mei 2022 23:23 WIB

Sandiaga Uno turut menjadikan keris dari Desa Aeng Tong-tong sebagai suvenir untuk G20 Indonesia. Hal itu sebagai bentuk penghargaan bagi para pengerajin atau empu di Desa Aeng Tong-tong.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif () Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Desa Wisata Keris Aeng Tong-tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Selasa (24/5/2022). Sandiaga bertemu langsung dengan satu-satunya empu (pembuat keris) perempuan satu-satunya di Sumenep yang masih muda. Dia adalah Ika Arista (31).

Ketika bertemu dengan Sandiaga, wanita yang akrab disapa empu Ika ini ingin mengubah citra keris yang terkesan mistis dan kuno, sehingga masuk ke kalangan milenial.  pun langsung tertarik dengan gagasan itu. Sandiaga memiliki solusi gagasan yang inovatif. Sandiaga ingin mengajak pembuat karakter hero pada film seperti Gundala dan Gatot Kaca untuk mempadukan keris sebagai ikon. 

"Jadi kita akan membumikan keris ini ke kalangan milenial sehingga menjadi kekinian," ucap Sandiaga.

"Kami akan datang ke para pemilik IP Rights tersebut untuk mempromosikan bahwa keris ini adalah bagian dari kekinian juga. Jadi bukan hanya para empu-empu zaman dahulu, tapi sekarang juga sudah ada empu-empu yang SD yang bisa dipadupadankan dengan karakter heroes yang ada di animasi maupun film-film terkini," lanjut Sandiaga.

turut menjadikan keris dari Desa Aeng Tong-tong sebagai suvenir untuk G20 Indonesia. Hal itu sebagai bentuk penghargaan bagi para pengerajin atau empu di Desa Aeng Tong-tong.

"Tadi kami terhubung SNKI (Serikat Nasional Keris Indonesia) untuk memastikan bahwa keris-keris di Aeng Tong-tong ini menjadi komoditas unggulan kita, produk ekonomi kreatif kita dan akan menjadi suvenir-suvenir yang akan dijadikan salah satunya untuk perhelatan G20," ungkapnya.

Ikutkan Pameran Internasional

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video