Tandai Pembukaan Musim Giling, PT RMI Blitar Gelar Tradisi Manten Tebu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tandai Pembukaan Musim Giling, PT RMI Blitar Gelar Tradisi Manten Tebu

Editor: Rohman
Wartawan: Akina Nur Alana
Rabu, 25 Mei 2022 15:43 WIB

Suasana Manten Tebu di Pabrik Gula RMI Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com (RMI) menggelar , Rabu (24/5/2022). Perusahaan yang berada di Kecamatan Binangun, Kabupaten , itu mengadakan tradisi yang menandai pembukaan musim giling di pabrik tebu.

Selain itu, tujuan adalah untuk mengeratkan kembali hubungan antara pabrik dan petani, seperti layaknya pengantin. Tebu yang dinikahkan dalam tradisi manten tebu diibaratkan sebagai pabrik dan petani tebu, keduanya diharapkan memiliki hubungan saling memberi dan menerima, demi kelangsungan produksi selanjutnya.

"Ini adalah simbolis. Keduanya mengikat satu hubungan. Ini seperti kita dengan petani. Kita ingin mengikat dan membina hubungan seperti hubungan rumah tangga. Kami berharap hubungan ini berlangsung dalam jangka panjang untuk keberlangsungan pabrik gula," kata Factory Manager , .

Ia menuturkan, dua batang tebu dinikahkan dengan prosesi adat Jawa. Setelah prosesi temu manten, dua batang tebu diarak di sekitar pabrik sebelum masuk ke penggilingan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video