PHK Karyawan Sepihak, PT Rina Mulya Group Diadukan ke Disnaker Jember | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

PHK Karyawan Sepihak, PT Rina Mulya Group Diadukan ke Disnaker Jember

Editor: Rohman
Wartawan: Yudi Indrawan
Jumat, 20 Mei 2022 20:54 WIB

Ketua LSM Arus Bawah Indonesia, Ali Sumaryanto.

JEMBER, BANGSAONLINE.com diadukan ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Jember karena melakukan pemutusan kerja (PHK) sepihak empat mantan karyawannya. Rekanan (Persero) di Kecamatan Ambulu itu diadukan atas dugaan pelanggaran Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003.

(ABI), , mengaku dimintai tolong sejumlah mantan pegawai untuk mengawal kasus PHK sepihak tersebut.

"Ya kami mendapat laporan dari saudari Fatimatus Sadiyah, salah satu dari 4 karyawan yang di-PHK secara sepihak. Beliau mewakili 3 pegawai korban PHK sepihak lainnya, yakni Anggiar Dita, Viyo Dwi Chrisnawati, dan saudara Radit," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Jumat (20/5/2022).

Sementara itu, Fatimatus Sadiyah menuturkan jika persoalan yang menjerat dirinya beserta 3 kawan lainnya, bermula sejak ada tunggakan gaji.

"Pertama gaji nunggak di bulan Januari sampai Februari 2021, kemudian PHK sepihak tanpa surat peringatan, terus juga nggak ada pesangon, dan yang terakhir nggak bayar BPJS Ketenagakerjaan selama 10 bulan," kata Fatima.

Sementara hasil kajian dan analisa yang dilakukan oleh , bahwa diduga melanggar sejumlah aturan. Di antaranya, melakukan PHK secara sepihak tanpa pesangon, serta tidak membayarkan BPJS ketenagakerjaan. Padahal, perusahaan telah memotong gaji pegawai setiap bulannya dengan dalih pembayaran BPJS.

"Kami berempat sudah cek ke kantor BPJS, nama kami masih aktif dan pembayarannya nunggak 10 bulan," ucap Fatima.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video