Komisi I DPRD Gresik Rekomendasikan Inspektorat Tangani Tarikan Atribut PDU Pelantikan Kades

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Selasa, 17 Mei 2022 17:48 WIB

Ketua Komisi I DPRD Gresik Muchamad Zaifudin saat memberikan keterangan pers. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua Komisi I DPRD Muchamad Zaifudin menyatakan, ada sejumlah rekomendasi dari hasil hearing (dengar pendapat) dengan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten , Suyono, di ruang Komisi I, Selasa (17/5/2022).

Menurut Udin, sapaan akrabnya, ada sejumlah rekomendasi yang diberikan Komisi I. Di antaranya, tarikan untuk atribut perlengkapan dinas upacara (PDU) masing-masing kades Rp900 ribu dengan dikoordinir oleh DPMD tak dibenarkan.

"Karena itu,, Komisi I merekomendasikan kepada inspektorat untuk menindaklanjutinya," ucap Udin saat memberikan keterangan pers usai melakukan hearing tertutup.

Rekomendasi lain, kata Udin, pengadaan atribut PDU pelantikan kepala desa (kades) harus dicarikan cantolan hukumnya diperbolehkan atau tidak dianggarkan dalam APBD.

"Komisi I juga merekomendasikan bahwa kasus tarikan yang dikoordinir oleh DPMD sangat tak dibenarkan. Karena itu, jangan sampai kejadian serupa terulang, baik di DPMD maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain di lingkup Pemkab ," bebernya.

Pada kesempatan itu, Udin meminta maaf kepada wartawan karena hearing bersifat tertutup. Alasannya, banyak wartawan yang mau ikut meliput. "Kami putuskan tertutup karena banyak wartawan telepon yang mau ikut hearing. Khawatir ruangan nggak muat," tuturnya.

Lebih jauh Udin menyatakan, dalam hearing tersebut juga ditanyakan apakah anggaran pelantikan 47 kades pada 20 April 2022, di dalamnya ternasuk untuk belanja atribut PDU pelantikan kades.

"Jawab Pak Plt Kadis PMD anggaran Rp136 juta itu tak masuk untuk pembelian atribut PDU. Dari anggaran pelantikan Rp 136 juta itu hanya terserap (terpakai) Rp 80 juta," terang anggota Fraksi Gerindra ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video