Kunjungan Wisman di Jatim Naik, Khofifah Minta Kepala Daerah Maksimalkan Infrastruktur Penunjangnya

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 16 Mei 2022 16:20 WIB

Gubernur Khofifah saat mengunjungi salah satu destinasi wisata di Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kunjungan wan mancanegara () di Jawa Timur kembali menggeliat pascapandemi Covid-19. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, tercatat sebanyak 57 kunjungan pada bulan Maret 2022, melalui Bandara Juanda, Sidoarjo.

Kondisi itu jelas berbeda dengan kondisi kunjungan pada bulan Februari dan Januari di mana dari data BPS Jawa Timur nihil kunjungan alias nol.

Kunjungan pada bulan Maret 2022 naik sebesar 9,62%, jika dibandingkan dengan jumlah pada bulan Maret 2021 lalu, yakni sebesar 52 kunjungan.

Adapun negara asal yang datang melalui Bandara Juanda dengan persentase tertinggi adalah Malaysia sebesar 22,89%. Lalu disusul Singapura sebesar 8%, Tiongkok sebesar 5,6%, Thailand sebesar 2,8%, dan USA sebesar 1,9%.

Data dari BPS menunjukkan bahwa para tersebut mengunjungi beberapa destinasi di Jawa Timur, di antaranya Kawah Ijen, Bromo Tengger Semeru (BTS), Greenbay, Pulau Merah, Tumpak Sewu, Gunung Semeru, Pantai Waru Karung, Taman Nasional Alas Purwo, dan Kota Tua di Surabaya.

Melihat kondisi tersebut, Gubernur Jawa Timur mengatakan, tatanan new normal atau normal baru memberikan harapan bagi kebangkitan industri pari di Jawa Timur.

Ketua Umum IKA Unair tersebut mengatakan, meningkatnya jumlah itu juga dipengaruhi karena adanya pelonggaran peraturan utamanya kebijakan ketentuan tes Covid-19 dan karantina mandiri bagi .

Di sisi lain, Gubernur Khofifah berencana untuk lebih agresif mengincar wan dalam dan luar negeri guna membantu pemulihan sektor pari di Jawa Timur.

"Tugas kita adalah menarik sebanyak-banyaknya wan ke Jatim, namun dengan sejumlah persyaratan tetap mengacu ketentuan protokol kesehatan yang ketat. Karena jangan sampai ini menimbulkan persoalan baru," kata Khofifah, Senin (16/5/2022).

Untuk mendukung hal tersebut, Khofifah pun meminta bupati maupun wali kota untuk terus memperkuat infrastruktur di kawasan pari di wilayahnya masing-masing. Menurutnya, penguatan pembangunan infrastruktur akan semakin banyak mendatangkan wan.

"Harapannya agar wan, baik mancanegara maupun nusantara senang berkunjung ke Jawa Timur karena akses dan fasilitas yang mudah," tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video