Ada 33 Sapi di Kota Batu Diduga Terjangkit PMK, ini Gejala dan Cara Mencegahnya

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Adi Wiyono
Rabu, 11 Mei 2022 21:12 WIB

Petugas DPKP Kota Batu mengambil sampel sapi yang diduga terjangkit PMK untuk diteliti.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wabah () pada hewan ternak sudah merambah . Sedikitnya ada 33 ekor sapi di kota wisata itu yang diduga terjangkit penyakit . Hal inni berdasarkan catatan dan laporan yang masuk ke Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan (DPKP) .

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan (DPKP) , Sugeng Pramono, membenarkan hal ini saat dikonfirmasi, Rabu (11/5/2022).

"Data yang masuk ke kami ada 33 ekor sapi yang terjangkit ," kata Sugeng seraya menjelaskan sejumlah laporan yang masuk antara lain dari Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji. Di mana ada 5 peternak yang sapinya terindikasi penyakit .

Menurutnya, petugas DPKP sudah turun lapangan sejak tanggal 7 Mei lalu untuk menindaklanjuti laporan-laporan tersebut.

"Atas peristiwa tersebut, kemudian kami sampaikan ke provinsi dan pusat," ujarnya.

Setelah laporan sampai ke provinsi dan pusat, Balai Besar Veteriner (BBVET) Wates turun ke  pada Senin (9/5/2022) lalu untuk mengambil sampel sapi yang diduga terjangkit . Ada sekira 6 sapi yang diambil sampel untuk diteliti guna memastikan positif atau tidak.

"Untuk hasil sampel yang diambil akan keluar Kamis (12/5) besok," ucap Sugeng.

Adapun langkah yang dilakukan DPKP untuk mencegah meluasnya antara lain dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan memberi vitamin kepada hewan ternak.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video