Legen, ​Minuman Legendaris Asli Tuban Laris Manis Saat Ramadhan, Penjual Habiskan 500 Liter Sehari | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Legen, ​Minuman Legendaris Asli Tuban Laris Manis Saat Ramadhan, Penjual Habiskan 500 Liter Sehari

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Rabu, 13 April 2022 00:19 WIB

Mbah Jah dibantu 4 karyawan untuk melayani penjualan legen.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Momen Ramadan menjadi berkah tersendiri bagi sebagian besar masyarakat muslim. Wakijah, misalnya. Seorang pengepul asal Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten , ini ketiban berkah.

Dagangannya laris manis selama bulan Ramadan ini. Legen merupakan minuman tradisional khas yang terbuat dari pohon lontar. Jika berkunjung ke , anda akan banyak menjumpai penjual di pinggir-pinggir jalan.

Wakijah sendiri sudah 30 tahun berjualan . Suka maupun duka telah dirasakan wanita 60 tahun itu.

"Sudah hampir 30 tahun berjualan . Di sini banyak warga menggantungkan rezeki dari ," ungkapnya.

Dukanya adalah saat pandemi Covid-19 yang melanda selama dua tahun terakhir. Dagangannya sepi, tak laku. Bahkan, tabungan simpanannya sebanyak Rp50 juta habis hanya untuk membayar warga yang setor .

"Saat pandemi dua tahun terakhir orang-orang yang setiap hari memanjat pohon siwalan pencari bingung, akhirnya saya yang mau membeli mereka," cerita wanita 5 cucu ini.

Untuk meminimalisir kerugian, Wakijah menyimpan setoran dari pemanjat pohon tersebut. Dalam jangka waktu tertentu, itu akan menjadi cuka dan biasanya dikulak oleh produsen cuka.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video