Ngabuburit, Santri Ponpes Mambaul Ma'arif Jombang Ngaji Kitab Tafsir Kuno | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ngabuburit, Santri Ponpes Mambaul Ma'arif Jombang Ngaji Kitab Tafsir Kuno

Editor: Rohman
Wartawan: Aan Amrulloh
Kamis, 07 April 2022 16:39 WIB

Suasana di Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang, ketika mengaji kitab tafsir.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Setiap bulan Ramadan, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang, memiliki tradisi tersendiri saat . Mereka mengikuti kegiatan ngaji kitab tafsir kuno, yakni kitab yang lahir di abad ke-12.

Dalam Ramadan 1443 H, ratusan santri mempelajari tafsir dari ayat-ayat suci Alquran yang dilakukan di Asrama Tahfidz Sunan Bonang Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar. Para santri khusus mempelajari karangan dan diajarkan langsung oleh , (Gus Afif).

Ia membacakan satu persatu ayat dari Surat Yasin di kitab tersebut beserta penafsirannya. Sedangkan para santri menyimak dan menyalin penafsiran tersebut ke kitabnya masing-masing dengan menggunakan huruf pego.

"Kitab yang kami baca ini termasuk kitab karangan para ulama ahlusunnah wal jamaah. Makanya harapannya anak-anak ini pun punya wawasan ahlusunnah wal jamaah, mulai dari akidah sampai syariatnya sesuai dengan tuntunan Rasulullah," ujarnya saat ditemui di pesantrennya, Rabu (7/4/22) sore.

Ia menuturkan, pengajian-pengajian seperti ini di lingkungan pesantren sudah menjadi keharusan setiap hari. Namun saat Ramadan kegiatannya semakin penuh.

"Memang di lingkungan pesantren itu pengajian-pengajian (tafsir kitab) seperti ini sudah membudaya ya, sudah jadi tradisi. Apalagi di bulan Ramadan, otomatis mulai bakda subuh, bakda zuhur hingga, bakda tarawih itu ngaji full. Inilah indahnya di pesantren," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video