Gandeng Dua Desainer Kawakan, Parade Busana CJWGG Sukses Buat Batik Jatim Naik Kelas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gandeng Dua Desainer Kawakan, Parade Busana CJWGG Sukses Buat Batik Jatim Naik Kelas

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 29 Maret 2022 00:58 WIB

Para model yang menampilkan 35 busana batik karya desainer kondang Denny Wirawan dan Edward Hutabarat. foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rangkaian peragaan busana batik menjadi puncak gelaran (CJWGG) tahun 2022, Minggu (27/3). Acara besutan Pemerintah Provinsi Jatim bersama itu resmi ditutup, Senin (28/3).

Dihelat di kawasan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (27/3) malam, event ini menampilkan peragaan busana batik dari 38 Kabupaten/Kota Jatim yang diwujudkan dalam 15 busana karya desainer kondang Denny Wirawan dan juga 20 busana karya Edward Hutabarat.

Kedatangan Gubernur Jawa Timur ke venue acara bersama jajaran tamu kehormatan disambut dengan atraksi Jaranan dan Reog Ponorogo yang dilanjutkan dengan iringan shalawat Nabi. Kemudian disambung dengan tarian pembuka, yaitu tari Bedoyo Mojokirono.

Setelah itu, satu per satu karya batik para desainer tersebut ditampilkan secara apik dan menarik. Puteri Indonesia Ayu Maulida pun turut tampil mengenakan karya batik khas Jawa Timur.

Peragaan busana ini sukses memukau para pengunjung dan berhasil mengangkat daya saing batik Jatim menjadi karya istimewa yang layak go internasional.

Setelah jajaran batik khas Jatim dipamerkan, Gubernur Khofifah mengajak semua pihak untuk membangun satu cita-cita bersama mewujudkan batik Jatim dikenal, digemari, dan digunakan masyarakat Indonesia, bahkan internasional.

"Ada harapan dan semangat bersama agar batik Jawa Timur nantinya bisa menjadi bagian dari pengayaan di Paris Fashion Week atau New York Fashion Week, why not? Saya rasa kesempatan-kesempatan itu harus kita bangun dan kita siapkan," kata Gubernur Khofifah.

Bukan tidak mungkin, Khofifah bahkan bercerita bahwa batik asal Jatim saat ini sudah mulai merambah kancah internasional. Salah satu di antaranya, batik asal Blitar telah dikenakan oleh pebasket NBA, Justin Holiday.

Selain Blitar, batik asal Tulungagung juga telah tembus dunia internasional. Begitu pula batik gedog Tuban serta batik gentongan dari Tanjung Bumi Bangkalan.

Menurut Khofifah, batik akan lebih memiliki nilai jual dan estetika yang tinggi ketika mendapat sentuhan dari figur yang tepat. Baik desainer, model, dan jejaring market yang kuat, akan bisa memberikan referensi bagi masyarakat luas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video