Hati-hati! Viral Belum Tentu Fakta Kebenaran, Ini Jawabnya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hati-hati! Viral Belum Tentu Fakta Kebenaran, Ini Jawabnya

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Hendro Suhartono
Jumat, 25 Maret 2022 10:38 WIB

Kapolres Madiun kota AKBP Suryono menyampaikan materi tentang UU ITE terkait konten di dunia Maya dalam acara forum diskusi.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Acap kali, sebuah video yang viral di media sosial dianggap sebuah kebenaran yang tampak dalam video tersebut. Acap kali pula, fakta yang sebenarnya tidak seperti dalam potongan video yang viral. 

Menyikapi hal itu, jurnalis Madiun mengadakan forum diskusi dengan menghadirkan nara sumber dari Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim, , dan kota, Kamis (24/3/2022) malam.

Ketua Arif Rahman yang juga menjadi nara sumber mengapresiasi acara tesebut. Lebih-lebih dalam diskusi menghadirkan wartawan media siber, kepolisian dan juga admin dari pelaku konten medsos.

"Malam ini saya sangat bangga bahwa di sini ada sinergi antara rekan media dan kepolisian. Hal ini perlu terus dipertahankan. Apalagi acara seperti ini kalau bisa sering dilakukan" ungkap Arif.

Arif menyebut, informasi yang bisa menyebabkan mis informasi maupun dis informasi serta hoaks yang beredar di medsos karena tidak proses verifikasi dan klarifikasi. Beda dengan jurnalis yang wajib melakukan verifikasi dan klarifikasi. Dalam pers, informasi yang disajikan tidak boleh bohong ataupun dis informasi maupun mis Informasi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video