Kiai Zawawi Beber Makna Falsafah: Dadio Wong Sing Iso Rumongso, Ojo Dadi Wong Sing Rumongso Iso | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kiai Zawawi Beber Makna Falsafah: Dadio Wong Sing Iso Rumongso, Ojo Dadi Wong Sing Rumongso Iso

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Minggu, 13 Maret 2022 02:39 WIB

KH. Zawawi Imron saat memberikan tausiyah.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar peringatan Isra' Mi'raj di Pendopo Lokatantra, Sabtu (12/3). Acara ini mengadirkan sebagai penceramah.

Dalam tausiyahnya, Kiai Zawawi mengatakan bahwa Lamongan memiliki falsafah yang sangat mashur dan dikenal seluruh belahan dunia tentang hati yang bersih. Falsafah tinggi itu dikemukakan oleh Waliyullah .

"Dari Lamongan ada filsafat tinggi sekali dari . Falsafah ini ditemukan Menlu Roslan Abdul Ghani, Menlu era Bung Karno di Negara Belanda. Falsafah tersebut berbunyi "dadio wong sing iso rumongso, ojo dadi wong sing rumongso iso", yang artinya "jadilah manusia yang bisa, bukan menjadi manusia yang merasa bisa"," tuturnya.

Menurut Kiai Zawawi, manusia yang merasa bahwa dirinya tercipta atas izin Allah SWT dan tidak bisa berbuat atas bantuanNya merupakan cerminan 'iso rumongso'. Melalui falsafah tersebut, Kiai Zawawi mengajak seluruh pemimpin di negeri ini untuk menjadi pemimpin yang rendah hati seperti ajaran .

"Perlunya memimpin dengan sifat rendah hati dan bahasa yang sopan. Jadi memimpin negara, memimpin daerah dengan kerendahan hati, insyaAllah akan menjadi negeri yang makmur dan damai," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video