Makamnya Dipindahkan ke TMP Pare dan Pernah Dapat Tanda Bintang Gerilya, Siapa Almh Pratu Misri? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Makamnya Dipindahkan ke TMP Pare dan Pernah Dapat Tanda Bintang Gerilya, Siapa Almh Pratu Misri?

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 10 Februari 2022 22:26 WIB

Dandim 0809 Kediri Letkol Inf. Rully Eko Suryawan bersama Wakil Bupati Dewi Mariya Ulfa saat memberi keterangan kepada wartawan, usai pemindahan makam Almh. Pratu Misri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jenazah Almarhumah Pratu (Purn) Misri, yang sebelumnya dikebumikan di Pemakaman Umum Desa Pandansari Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, akhirnya dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pare, Kabupaten Kediri.

Pemindahan berjalan dengan khidmat dipimpin oleh Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Inf Rully Eko Suryawan selaku inspektur upacara, Kamis (10/2).

Dalam sambutannya, dandim menceritakan sekilas perjalanan Almarhumah Misri, yang merupakan Prajurit Batalyon 41 Soenaryadi Divisi Jawa Timur. Menurutnya, Misri merupakan pejuang kemerdekaan. 

"Setelah beliau memasuki di usia tuanya sampai dimakamkan, kita tidak mengetahui bahwasanya beliau seorang pejuang," kata dandim, Kamis (10/2).

Karena itu, pihaknya langsung melakukan tindak lanjut begitu mendapat laporan terkait keberadaan . "Sehingga beliau mendapatkan hak untuk pemakaman di TMP Pare," katanya.

Diketahui, Misri sempat mendapatkan tanda kehormatan Bintang Gerilya dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 19 Mei 2014.

"Beliau mendapatkan penghargaan tanda kehormatan bintang gerilya dari Presiden, dan itu merupakan kewajiban kita dari Negara dan TNI, untuk mohon kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan beliau. Dan, alhamdulillah bisa kita pindahkan di TMP Pare," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kediri menjelaskan pemindahan makam tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada Misri, sebagai pejuang kemerdekaan. "Beliau meninggal pada Sabtu 15 Januari 2022," ungkap wabup.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video