Demo di Polda, GMNI Jatim Tuntut Usut Tuntas Sindikat Mafia Pupuk Bersubsidi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Demo di Polda, GMNI Jatim Tuntut Usut Tuntas Sindikat Mafia Pupuk Bersubsidi

Editor: Rohman
Wartawan: M Didi Rosadi
Rabu, 09 Februari 2022 01:33 WIB

Puluhan massa aksi dari GMNI Jawa Timur saat menggelar aksi di depan Polda Jatim. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia () Jawa Timur (Jatim) menggelar unjuk rasa di depan , Selasa (8/2). Mereka menuntut agar  mengusut tuntas mafia pupuk bersubsidi yang sangat merugikan petani. 

"Aksi ini menuntut untuk mengusut tuntas para mafia pupuk subsidi di Jawa Timur yang menyebabkan kelangkaan pupuk di daerah Jawa Timur," kata Wakabid Politik DPD Jatim, .

Ia yang juga menjadi koordinator aksi mengungkapkan, praktek mafia pupuk subsidi ini adalah musuh terbesar petani. Sebab, hampir setiap tahun persoalan pupuk selalu menjadi keresahan masyarat di Jawa Timur, terutama saat musim tanam tiba.

Berdasarkan e-RDKK tahun 2021, lanjut Rizky, kebutuhan pupuk mencapai 24,3 juta ton dan pemerintah hanya sanggup mengalokasikan subsidi sebanyak 9,041 juta ton. Tahun ini, Kementerian Pertanian mengalokasikan pupuk subsidi sebanyak 9,11 juta ton dan 1,8 juta liter pupuk organik cair.

"Perbuatan mafia pupuk sangat berbahaya. Bahkan dapat dikatakan mafia pupuk adalah kejahatan kriminal yang sistemik, dan terorganisir dengan baik," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video