Kurangi Beban TPA, Peserta Magang Merdeka Pemkot Kediri Ciptakan Aplikasi Bank Sampah

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 28 Januari 2022 17:19 WIB

Pengelola Bank Sampah Hijau Daun, Endang Pertiwi, saat menerima buku panduan dari Peserta Magang Merdeka Pemkot Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Melalui kegiatan pendampingan yang dimentori Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kediri, mahasiswa peserta membuat aplikasi yang diberi nama ' Digital Kota Kediri'. 

Aplikasi tersebut telah di-launching dan siap diunduh melalui Google PlayStore. Dalam upaya mempermudah nasabah, Digital Kota Kediri dibekali dengan fitur informasi harga sampah, alur transaksi, peta lokasi bank sampah, riwayat transaksi, serta saldo tabungan.

“Anak-anak magang merdeka sudah membuat kategorisasi dalam menentukan program sesuai kebutuhan masing-masing RT. Setelah kita mencari konsep apa yang paling bisa diimplementasikan dengan cepat tapi berdampak signifikan, disepakatilah ide tentang pengelolaan sampah,” kata Kepala , Chevy Ning Suyudi, Jumat (28/1).

Menurut dia, mahasiswa magang bersama pihaknya dan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri telah melakukan survei terkait kondisi pengelolaan sampah dari hulu hingga hilir. Alhasil, hampir semua bank sampah di Kota Kediri dikelola secara manual.

Berawal dari permasalahan ini, kata Chevy, peserta magang merdeka menggagas terobosan digitalisasi semua arsip dan pencatatan di bank sampah agar mudah dalam pendataan serta menghemat penggunaan kertas.

Melalui teknologi digital, kebiasaan masyarakat dalam menyetor sampah juga dapat direkam dengan baik. Ia menilai, melalui data akan lebih mudah dikelompokkan dan dianalisis pola kebiasaan setor sampahnya.

“Misalnya masyarakat suka membuang sampah jenis tertentu dalam jumlahnya sekian pada hari ini, sehingga bank sampah tahu akan mengirim ke pengepul hari apa, dan sebanyak apa,” tuturnya.

Ia memaparkan bahwa aplikasi  Digital Kota Kediri memiliki fitur unggulan, yakni dapat mencatat harga sampah terakhir. Dengan demikian, nasabah dapat memantau harga melalui aplikasi sebelum pergi ke bank sampah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video