Jelang Tahun Baru Imlek, Kelenteng Boo Hway Bio Mojoagung Jombang Mulai Mencuci Patung Dewa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jelang Tahun Baru Imlek, Kelenteng Boo Hway Bio Mojoagung Jombang Mulai Mencuci Patung Dewa

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Aan Amrulloh
Rabu, 26 Januari 2022 18:22 WIB

Kegiatan mencuci patung dewa di Kelenteng Boo Hway Bio Mojoagung.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Perayaan Tahun Baru jatuh pada Selasa, 1 Februari 2022 mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang perayaan terdapat sejumlah tradisi di beberapa kelenteng sebagai tanda persiapan dalam menyambut tahun baru bagi orang Tionghoa tersebut.

Seperti di Kelenteng Boo Hway Bio yang berada di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten . Di tempat ini, nampak beberapa orang yang sedang melakukan kerja bakti membersihkan tempat ibadah tersebut dan mencuci patung dewa.

Ketua Kelenteng Boo Hway Bio, Wijaya Kurniawan mengatakan, persiapan kebersihan kelenteng tersebut di antaranya yakni membersihkan ruangan, patung, dan mengganti hiasan yang telah usang serta fasilitas sarana dan prasarana ibadah untuk perayaan .

"Kegiatan pada hari ini adalah membersihkan seluruh ruangan kelenteng dan memandikan rupang dari dewa-dewi. Maksud dan tujuannya ya agar semuanya bersih dan nyaman begitu saja," terangnya, Rabu (26/01/22).

Kelenteng yang berdiri sejak tahun 1928 silam itu terdapat sekitar 30 patung dari ukuran kecil hingga besar. Usai dibersihkan, patung-patung tersebut selanjutnya ditata dengan rapi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video