Jaga Keandalan di Musim Hujan, PLN Lakukan Preventive Maintenance pada Jaringan SUTT

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Diyah Khoirunnisa
Selasa, 25 Januari 2022 20:19 WIB

Petugas saat melakukan maintenance di jaringan SUTT.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) terus memastikan keandalan sistem dari sisi Jaringan Transmisi serta Gardu Induk (GI) untuk menjaga kontinuitas penyaluran energi listrik.

Melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya, kali ini PLN melakukan langkah pencegahan gangguan (preventive maintenance) yang disebabkan oleh faktor alam saat memasuki musim penghujan. Salah satunya adalah sambaran petir.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan asesmen pada ruas transmisi jalur-jalur krusial yang apabila terjadi gangguan berpotensi mengakibatkan padam secara meluas.

Berlangsung selama 3 hari, Tim PDKB UPT Surabaya melaksanakan climb up inspection pada SUTT 150 kV Waru-Sidoarjo-Buduran, yang merupakan jalur utama kelistrikan tegangan tinggi untuk area Sidoarjo dan sekitarnya, terlebih penghantar ini berada di area rawan gangguan yang disebabkan oleh sambaran petir.

"Tujuan dilaksanakan pekerjaan climb up ini adalah untuk mendeteksi anomali yang berpotensi menyebabkan gangguan secara dini. Hal itu menyebabkan keandalan sistem dan penyaluran tenaga listrik kepada pelanggan menjadi terganggu," tutur General Manager PLN UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video