Peringati Bulan K3 Nasional, Gubernur Jatim Tegaskan Komitmennya untuk Melindungi Pekerja

Editor: Tim
Rabu, 12 Januari 2022 14:08 WIB

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan bulan K3.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur (), Khofifah Indar Parawansa, menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan perlindungan bagi keselamatan dan kesehatan pekerja dan buruh di era disrupsi teknologi digital. 

Menurut dia, era disrupsi teknologi digital kini telah mengubah sistem yang terjadi secara global, salah satu contoh perkembangan teknologi digital yakni subtitusi pekerjaan dari manusia ke robot. Hal itu ia ungkapkan setelah setelah menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan bulan keselamatan dan kesehatan kerja ().

"Perubahan ini tidak hanya terjadi pada jenis pekerjaan, karakter pekerjaan, maupun skill yang dibutuhkan, namun juga terhadap tantangan ketenagakerjaan," ujarnya di Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur, Surabaya, Rabu (12/1).

Maka dari itu, kata Khofifah, penting sekali bagi seluruh pekerja di Indonesia untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuannya agar dapat bersaing dan tetap eksis, apalagi arus bebas tenaga kerja dari luar semakin terbuka lebar. 

Mantan Menteri Sosial itu mengajak seluruh perusahaan di Jawa Timur untuk menjadikan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja () sebagai isu penting di tengah dinamika era digitalisasi, dan jangan sampai era digital justu menjadikan hak-hak pekerja dan kesejahterannya tergerus.

"Saya mengimbau agar perusahaan-perusahaan di Jawa Timur bisa lebih serius dalam menerapkan . Hak-hak pekerja/buruh harus selalu menjadi pertimbangan utama," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video