Harga Perkutut Juara Tembus Rp500 Juta, Lomba Burung Kicau di Pasuruan Diikuti 300 Peserta | Bangsa Online - Cepat, Lugas dan Akurat

Harga Perkutut Juara Tembus Rp500 Juta, Lomba Burung Kicau di Pasuruan Diikuti 300 Peserta

Editor: Arief
Selasa, 25 Januari 2022 22:31 WIB

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Seperti inilah suasana lomba kicau burung perkutut di Kelurahan Mandaran, Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan, pada Minggu kemarin.

Para pemilik burung perkutut saling bersorak menyemangati burungnya yang sedang digantang.

Tak ayal, perlombaan yang dibagi 4 kategori ini ramai teriakan dan sorakan majikannya.

Lomba ini diikuti sekitar 300 burung perkutut, dengan peserta dari berbagai daerah, mulai dari Jawa, Bali, hingga Kalimantan.

Uniknya, ada persiapan khusus yang dilakukan para pemilik burung sebelum lomba dimulai. Salah satunya dengan membelai dan memijat burung perkutut. Tujuannya, untuk memancing si burung agar mau berkicau saat berlomba.

Seperti yang dilakukan Taufik, salah satu peserta. Ia mengaku memperlakukan burung perkututnya yang bernama Sakera dan Laskar Suropati, layaknya istri sendiri.

Setiap malam, selama 15 menit, Sakera dan Laskar Suropati dibelai dan dipijat pelan-pelan.

Ada 4 season dalam lomba kali ini, dengan durasi tiap season 40 menit.

Juri lomba menilai kicauan burung dari suara depan, tengah, dan belakang. Apabila suara tengah dan belakang lebih dari 6 ketukan, maka burung mendapat nilai tinggi.

Sekadar diketahui, burung perkutut pemenang lomba kicau bisa berharga fantastis. Banderolnya bisa setara dengan satu mobil baru, mencapai 500 juta rupiah lebih.

Rencananya, lomba burung perkutut ini akan digelar setiap 4 bulan sekali dengan protokol kesehatan.(rif/win)

Berita Terkait

Bangsaonline Video