Sidak Disdukcapil, Wali Kota Bitung: Jangan Pungli-Pungli, Berdosa

Editor: Arief
Rabu, 19 Januari 2022 21:29 WIB

BITUNG, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri marah saat melakukan sidak di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bitung, Selasa (18/01) pagi.

Kejadian tersebut disebabkan adanya dugaan pungli yang terjadi di satuan kerja perangkat daerah (SKPD), yaitu disdukcapil.

Video Wali Kota Bitung yang marah pun mendadak viral. Dalam video itu, tampak Mautits memberikan teguran secara lisan kepada pegawai disdukcapil.

"Ngoni so berapa kali bilang-bilang jangan pungli-pungli, berdosa (Kalian sudah berapa kali dibilang jangan pungli, berdosa). Ngoni masih pungli (Kalian masih pungli)," kata Maurits.

Dalam video tersebut, Maurits menujuk ke pegawai dan menyampaikan beberapa pertanyaan.

"Mo kerja betul ngoni? Ato jadi makelar? (Mau kerja betul kalian? Atau jadi makelar)," ungkap dia.

Maurits lalu mencari tahu siapa oknum yang melakukan pungli.

"Siapa orang yang bekeng? Mana dia? Mana dia tu da pungli itu? (Siapa orang yang melakukan pungli? Yang mana? Yang mana yang lakukan pungli)," tanya Maurits.

Pollituks PDI-P tersebut memanggil warga yang menjadi korban pungli, dan korban pun mendekat. Seorang ibu, berbaju terusan warna merah dengan motif kotak-kotak langsung menjawab secara singkat oknum berinisal S.

Wali Kota bitung ini pun menanyakan kepada para pegawai yang berada di lokasi siapa yang berinisal S tersebut.

Kemudian para pegawai pun menyampaikan bahwa orang dimaksud adalah calo dari luar disdukcapil.

Menyikapi hal ini, Maurits berjanji untuk memberantas para calo di seluruh pelayanan publik yang bersentuhan dengan masyarakat. (rif/win)

Berita Terkait

Bangsaonline Video