Jelang Natal 2021, Kapolresta Sidoarjo Cek Kesiapan Gereja di Kota Delta

Jelang Natal 2021, Kapolresta Sidoarjo Cek Kesiapan Gereja di Kota Delta Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, saat meninjau langsung keamanan dan penerapan protokol kesehatan di gereja.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Polresta Sidoarjo mulai meninjau kesiapan sejumlah gereja di Kota Delta mendekati pelaksanaan ibadah misa natal tahun ini. , Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, turun langsung untuk meninjau keamanan dan penerapan protokol kesehatan di sana.

“Mulai hari ini, kami dan jajaran melakukan kesiapan gereja dalam menggelar ibadah Misa Natal 2021. Kami ketahui langsung, bagaimana pihak penyelenggara bersama kami dari TNI, Polri, dan unsur terkait lainnya telah melakukan berbagai persiapan. Baik pengamanan area gereja, jemaat, dan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya, Senin (20/12).

Pengecekan kesiapan gereja dalam menggelar ibadah misa natal nanti diawali di Elohim dan Santa Maria Annuntiata di Sidoarjo Kota. Kemudian dilanjutkan mengecek Santo Paulus di Jalan Raya Juanda, Gedangan, Sidoarjo.

Menurut dia, situasi kamtibmas jelang Misa Natal 2021 di wilayah Kabupaten Sidoarjo relatif aman dan kondusif. Di dalam gereja, pihak penyelenggara memberi ketentuan pada jemaat harus sudah divaksin Covid-19, masuk scan barcode Aplikasi PeduliLindungi, wajib mematuhi protokol kesehatan, pengecekan suhu tubuh, dan yang masuk adalah jemaat gereja sendiri.

Ada 30 personel polisi bersama TNI serta elemen terkait lainnya di setiap gereja untuk menjamin rasa aman serta nyaman saat pelaksanaan ibadah. Sebelum rangkaian ibadah dimulai, polisi juga bakal mensterilkan gereja melibatkan Satuan Brimob Polda Jawa Timur.

“Saat misa natal nanti, Polresta Sidoarjo juga menyediakan gerai vaksinasi mobile, termasuk melayani vaksinasi bagi anak-anak usia 6 sampai 11 tahun,” tuturnya.

Sementara pihak gereja menyambut baik adanya pengecekan kesiapan ibadah misa natal 2021 oleh Polresta Sidoarjo. Salah satu Pendeta Santa Maria Annuntiata sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara Misa Natal 2021, Nareswara, mengatakan bahwa pengecekan tersebut bukti kesiapan pihak Polri dan TNI dalam memberikan jaminan keamanan pelaksanaan ibadah natal.

"Dengan dilakukan pengecekan beberapa hari jelang puncak ibadah, termasuk penerapan protokol kesehatan dicek betul. Kami di Santa Maria Annuntiata menerapkan peraturan kapasitas jemaat 50 persen dari daya tampung gereja, jemaat harus registrasi online, wajib sudah vaksin, dan scan barcode PeduliLindungi,” kata Nareswara.

Pendeta Franklin P. Lumoindong dari Elohim, mengapresiasi jaminan rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan ibadah Misa Natal 2021 yang dimulai dari pengecekan oleh dan jajarannya. Menurut dia, segala bentuk kesiapan yang dilakukan pihak gereja telah dicek betul oleh

“Semoga pelaksanaan Misa Natal 2021, berlangsung aman dan kondusif,” ucap Franklin. (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO