Mas Abu Tekankan Semua OPD Kolaborasi Dalam Membangun Kota Kediri dan Beri Layanan Terbaik

Mas Abu Tekankan Semua OPD Kolaborasi Dalam Membangun Kota Kediri dan Beri Layanan Terbaik Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah) saat memberi sambutan di acara Peningkatan Kualitas Kinerja Perangkat Daerah Pemerintah Kota Kediri dan Penyampaian Penghargaan Hasil Survey IKM Terbaik Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Beberapa capaian indikator Pemerintah Kota Kediri mengalami peningkatan. Meliputi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH), Indeks Minat Baca (IMB), dan Indeks Kerukunan Umat Beragama (IKUB).

Hal itu terungkap saat acara Peningkatan Kualitas Kinerja Perangkat Daerah Pemerintah Kota Kediri dan Penyampaian Penghargaan Hasil Survei IKM Terbaik Kota Kediri, Minggu (12/12) malam.

Di tahun 2020, IKM Kota Kediri sebesar 3,48, meningkat menjadi 3,5061 di tahun 2021. Begitu juga dengan IMB tahun 2020 sebesar 73,70, mengalami peningkatan menjadi sebesar 79,7 di tahun 2021. Kemudian IKLH sebesar 72,60 tahun 2020, sedangkan tahun 2021 menjadi 77,80. Lalu IKUB tahun 2019 sebesar 3,91 meningkat pada tahun 2021 menjadi 3,94.

Dalam sambutannya, menekankan agar semua OPD berkolaborasi untuk membangun Kota Kediri dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Ia meminta pelayanan kepada masyarakat harus lebih cepat dan mudah diakses. Berbagai digitalisasi pun harus terus dilakukan. Seperti, digitalisasi ekonomi, digitalisasi layanan publik, digitalisasi arsip, integrase e-government, dan lainnya.

“Terima kasih Bapak Ibu, selama 18 bulan kita sudah berjuang bersama melawan pandemi Covid-19. Tentu ini tidak mudah dan kita tidak bisa optimum dalam menjalankan target-target yang kita tentukan di tahun 2020 hingga 2021. Saya rasa di seluruh dunia sama. Di tahun 2022 dan 2023 saya harap kita harus bisa bersinergi dan berkolaborasi bersama membangun Kota Kediri dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Mas Abu, sapaan akrabnya, juga mengajak semua pihak untuk menjaga Kota Kediri berada di PPKM Level 1 sehingga pemulihan ekonomi di Kota Kediri bisa terus berjalan. Skala event harus ditingkatkan agar orang mau datang ke Kota Kediri. Kemudian penyerapan tenaga kerja dan wirausaha disabilitas harus terus ditingkatkan.

“Kita buat kalender event tahunan. Rencanakan semua dengan baik. Lalu tingkatkan inovasi layanan publik. Di tahun 2022 satu OPD satu inovasi dan di tahun 2023 satu bidang satu inovasi,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pemberian penghargaan terbaik kategori perangkat daerah hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tahun 2021. Survei dilakukan sejak awal hingga akhir November yang bekerja sama dengan Universitas Brawijaya.

Adapun hasil survei IKM, Terbaik I Puskesmas Balowerti dengan nilai indeks 3,7468, Terbaik II Puskesmas Sukorame dengan nilai indeks 3,7087, serta Terbaik III Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan dengan nilai indeks 3,6584. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO